Karya Dosen
METODE ALFATIH: SEBUAH INOVASI DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN
XML JSON
Keberadaan pondok pesantren tidak lepas dari pembelajaran kitab kuning. Namun,
mempelajari kitab kuning seringkali menyisakan masalah. Tulisan ini bertujuan
untuk mendeskripsikan : 1) pelaksanaan pembelajaran kitab kuning melalui metode
Alfatih di Pondok Pesantren Sumber Mas, Kawasan Almadinah, Desa Rombiya Barat,
Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep beserta kelebihan dan kekurangan mestudi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu pemadatan
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan pembelajaran kitab kuning melalui metode
Alfatih di Pondok Pesantren Sumber Mas, Kawasan Almadinah, Kecamatan Ganding,
Kabupaten Sumenep dilaksanakan dalam 3 (tiga) tahap, yaitu tahap awal, tahap inti,
dan tahap akhir; 2) kelebihan metode Alfatih dalam pembelajaran kitab kuning
antara lain penggunaan MLT, dapat diterapkan secara optimal dan dapat
diminimalkan, tidak perlu menghafal definisi, tidak rumit Nahwu dan Sharraf,
sederhana dalam berbagai aspek, terbiasa membaca kitab kuning buku. Sedangkan
kekurangan metode Alfatih adalah tidak terbiasa menulis dan bukunya tidak lengkap.
Kata Kunci: inovasi pembelajaran, buku turats, metode alfatih, pesantren.tode
Alfatih. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis,
Detail Information
Item Type |
JURNAL NASIONAL
|
---|---|
Penulis |
Ruslan 1, Hotibatul Ummah - Personal Name
|
Student ID | |
Dosen Pembimbing |
Ruslan - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Hotibatul Ummah - - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi |
Published
|
Departement |
Perpustakaan UNIA Prenduan
|
Kontributor |
Dr. Ruslan, M.Pd.I - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Andragogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam : Malang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
JURDOS 2022
|
Copyright |
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
|
Doi |