Skripsi
STUDI DAN ANALISIS LIVING QUR’AN TENTANG KEMAMPUAN SANTRIWATI KELAS XII DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI MA’HAD TAHFIDH AL-QUR’AN PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PRENDUAN
XML JSON
ABSTRAK
Jannah, Ifdlalatul. 2023. Studi dan Analisis Living Qur’an Tentang
Kemampuan Santriwati Kelas XII dalam Membaca AlQur’an di Ma’had Tahfidh Al-Qur’an Pondok Pesantren
Al-Amien Prenduan.
Pembimbing : Agus Kharir, M.Pd
Kata kunci : Kemampuan, Bacaan Al-Qur’an, Santriwati Kelas XII
Langkah pertama dan yang paling penting dalam memahami Al-Qur’an
beserta maknanya adalah membaca Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an mempunyai
aturan tetap semenjak diturunkan dan Allah SWT. tidak segan memberi peringatan
agar tidak membacanya dengan asal membaca. Santriwati kelas XII di Ma’had
Tahfidh Al-Qur’an merupakan santriwati tertua dan tertinggi yang menjadi contoh
bagi adik-adik kelasnya dan akan menyandang status Ustadzah untuk tahun
mendatang yang akan mengajarkan santriwati lainnya bagaimana cara membaca
Al-Qur’an dengan baik dan benar. Namun peneliti menemukan tidak sedikit bacaan
Al-Qur’an santriwati kelas XII masih kurang baik khususnya dalam bacaan AlQur’an yang tidak mereka hafal.
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui proses
observasi, wawancara dan dokumentasi. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah
(1) bagaimana kemampuan bacaan Al-Qur’an santriwati kelas XII dan (2)
bagaimana langkah-langkah santriwati kelas XII dalam memperbaiki bacaan AlQur’an. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu (1) mengetahui kemampuan bacaan AlQur’an santriwati kelas XII dan (2) mengetahui langkah-langkah santriwati kelas
XII dalam memperbaiki bacaan Al-Qur’an. Data beserta sumber data dalam
penelitian ini adalah narasi secara tertulis berupa informasi dari Mursyidah,
Muhaffidhah dan santriwati kelas XII. Penelitian ini menggunakan analisis data
yang dilakukan melalui tiga langkah, yaitu (1) Reduksi Data (2) Penyajian Data dan
(3) Verifikasi Data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan bacaan Al-Qur’an
santriwati kelas XII jika dari program takhassus sudah baik dan dari program non
takhassus masih ada sebagian kurang baik dalam bacaan Al-Qur’annya. langkahlangkah yang dilakukan santriwati kelas XII dalam memperbaiki bacaan Al-Qur’an
ialah (1) dengan memperdalam pembelajaran dan penerapan ilmu tajwid beserta
makharijul huruf kemudian (2) lebih sering berlatih membaca Al-Qur’an dengan
baik, tarti>l, fa>shih, dan pelan sehingga terlatih membaca Al-Qur’an dengan baik
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Ifdlalatul Jannah - Personal Name
|
Student ID |
20200006018
|
Dosen Pembimbing |
Agus Kharir, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Dr. Mohammad Fattah, M.A - - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi |
Published
|
Departement |
PRODI Ilmu Al-qur an dan Tafsir
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
SKR.2024
|
Copyright |
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
|
Doi |