ANALISIS POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN SISWA DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEAGAMAAN SISWA MA AL-AMIEN TEGAL PUTRA

Detail Cantuman

Skripsi

ANALISIS POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN SISWA DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEAGAMAAN SISWA MA AL-AMIEN TEGAL PUTRA

XML JSON

ABSTRAK
Dinol Abror 2024. Analisis Pola Komunikasi Interpersonal Guru Dengan Siswa
Dalam Membentuk karakter Keagamaan Siswa MA AlAmien Tegal Putra
Pembimbing : Ustadz Tawvicky, M. Pd
Kata Kunci : Komunikasi, Karakter, Siswa.
Komunikasi merupakan hal penting dalam setiap kehidupan bersosialisasi,
begitu pula saat manusia menuntut ilmu mereka berusaha dengan sebaik-baiknya
agar mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya, sosok guru juga melalui
interaksinya diharapkan bisa menjadi contoh bagi para siswanya dan mampu
memperbaiki karakter buruk yang ada pada setiap anak didiknya atau siswanya.
Hingga menjadi kesimpulan bahwa komunikasi interpersonal guru dengan siswa
menjadi hal yang paling penting dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini
dilakukan agar dapat diketahui bagaimana pola komunikasi interpersonal guru
dengan siswa mampu memperbaiki karakter keagamaan siswa sehingga terjadi
fenomena siswa mampu mengikuti dan tergerak pada setiap kesempatan Amaliyah
‘Ibadah di setiap waktunya pada beberapa siswa di MA Al-Amien Tegal Desa
Prenduan, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep Madura, Provinsi Jawa
Timur.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yang
mana teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan si peneliti mendatangi
langsung ke lapangan, karena penelitian kualitatif mengharuskan untuk
melakukan observasi dan wawancara kepada para informan di lapangan. Teori
yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori komunikasi interpersonal dari
beberapa buku dan jurnal serta artikel, juga beberapa teori tentang karakter yang
juga dikutip dari beberapa buku dan jurnal serta artikel, juga menggunakan teori
Self Disclosure (model pengungkapan diri).
Hasil analisis dalam penelitian ini menemukan bahwa komunikasi yang
dilakukan oleh para guru terhadap siswa dilakukan dengan cara berbeda-beda
pada setiap siswanya, karena mereka berangkat dari tempat kondisi serta
lingkungan yang berbeda-beda, guru kadang melakukan komunikasi non verbal
terhadap para siswa agar menumbuhkan rasa empati sehingga siswa benar-benar
tergerak menjadi siswa yang berkarakter baik dari segi keagamaan.
Kesimpulan, komunikasi interpersonal dalam membentuk karakter
keagamaan siswa memunculkan dua faktor yaitu faktor pendukung dan faktor
penghambat, dua faktor tersebut dapat kita benahi dan maksimalkan dengan peran
setiap orang-orang yang terlibat didalamnya, baik Ketika disekolah maupun diluar
sekolah


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Dinol Abror - Personal Name
Student ID
20208302007
Dosen Pembimbing
. Tawvicky Hidayat, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Ahmad Zulfikar Ali, M.Kom.I - - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
PRODI Komunikasi dan Penyiaran Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
SKR.2024
Copyright
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail