IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) DALAM MENINGKATKAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS V MI NURUR RAHMAH

Detail Cantuman

Skripsi

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) DALAM MENINGKATKAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS V MI NURUR RAHMAH

XML JSON

ABSTRAK
Kiromatul Maulida, 2023. Implementasi Pembelajaran berbasis HOTS
(Higher Order Thinking Skill) dalam
meningkatkan Kognitif Peserta didik pada Mata
Pelajaran Fiqih di Kelas V MI Nurur Rahmah
Pembimbing: Dr. Izzat Amini, M.Pd
Kata kunci: Pembelajaran berbasis HOTS, Kognitif, Fiqih
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya sistem pembelajaran abad 21 yang
telah membuat kita untuk menyikapi tuntutan zaman yang semakin bersaing.
Seiring perkembangan zaman, pendidikan semakin kompleks, guna menghasilkan
output yang kompeten. Untuk itu, dibutuhkan pelaksanaan pembelajaran untuk
menciptakan SDM yang unggul dan cerdas, baik ilmu umum maupun ilmu agama.
Oleh karena itu, pelaksanaan pembejaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking
Skil)l pada mata pelajaran Fiqih di Kelas V MI Nurur Rahmah diharapkan agar
siswa dapat mengaplikasikan dalam setiap aktivitas kehidupan sehari-hari.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan
pembelajaran berbasis HOTS dalam meningkatkan kognitif peserta didik pada mata
pelajaran fiqih di kelas V MI Nurur Rahmah dan untuk mengetahui faktor
pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis HOTS pada
mata pelajaran fiqih di kelas V MI Nurur Rahmah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kualitatifdengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini diantara
yaitu kepala sekolah, guru Fiqih dan siswa kelas V MI Nurur Rahmah. Sumber data
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan:1). Pelaksanaan pembelajaran berbasis
HOTS dalam meningkatkan kognitif peserta didik pada mata pelajaran fiqih di kelas
V MI Nurur Rahmah terdapat tiga tahapan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan
kegiatan penutup. . Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa proses pembelajaran
sesuai dengan tahapan dalam ranah kognitif sesuai dengan pembelajaran berbasis
HOTS serta mengandung indikator HOTS. Hal ini menunjukkan bahwa tahap
pelaksanaan pembelajaraan berbasis HOTS pada mata pelajaran fiqih di kelas V MI
Nurur Rahmah terlaksana dengan baik. 2). Faktor pendukung dan penghambat
dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis HOTS pada mata pelajaran fiqih di kelas
V MI Nurur Rahmah. Faktor pendukungnya, yaitu ketertarikan siswa terhadap
sistem pembelajaran yang diterapkan, kualifikasi pendidikan guru yang sudah
memadai, persepsi guru yang positif terhadap pelaksanaan pembelajaran berbasis
HOTS dan sarana dan prasarana yang memadai. Adapun faktor penghambatnya
yaitu, kemampuan peserta didik yang beragam, kemamapuan menganalisis yang
dimiliki oleh siswa masih rendah, minimnya pelatihan dan pendampingan
yangdiperoleh guru tentang HOTS, alokasi waktu yang terbatas


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Kiromatul Maulida - Personal Name
Student ID
20209603045
Dosen Pembimbing
(Dr. Izzat Amini, S.Sos.I., M.Pd.) - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
PRODI Pendidikan Agama islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
SKR.2024
Copyright
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail