Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalitas Kedisiplinan Guru Dalam Mengajar (Studi Kasus Di Lembaga MI Al-Azizy Daleman Karduluk)

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalitas Kedisiplinan Guru Dalam Mengajar (Studi Kasus Di Lembaga MI Al-Azizy Daleman Karduluk)

XML JSON

ABSTRAK
Robitul Abror. 2023. Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan
Profesionalitas Kedisiplinan Guru Dalam
Mengajar (Studi Kasus Di Lembaga MI Al-Azizy
Pembimbing
Daleman Karduluk).
: Faizun Najah, M.Pd.I
Kata kunci : Peran Kepala Sekolah, Kedisiplinan Guru
Kedisiplinan dalam proses pendidikan merupakan hal yang sangat penting
dalam keberhasilan proses belajar mengajar agar menjadi efektif dan efisien.
Dalam proses belajar mengajar, kedisiplinan dapat menjadi alat yang yang bersifat
preventif untuk mencegah dan menjaga dari hal-hal yang dapat mengganggu dan
menghambat proses belajar mengajar. Untuk itu berbagai peraturan ikut
diberalakukan di sekolah-sekolah untuk menegakan tingkat kedisiplinan terhadap
warga sekolah.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana peran
kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas kedisiplinan guru dalam
mengajar (studi kasus di lembaga MI Al-Azizy daleman karduluk), yang
dijabarkan dalam dua fokus yaitu: 1. Bagaimana strategi kepala sekolah dalam
meningkatkan profesionalisme kedisiplinan guru dalam mengajar. 2. Apa saja
faktor pendukung serta penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan
kedisiplinan guru?
Untuk mendeskripsikan peranan kepala sekolah dalam meningkatkan
kedisiplinan guru ini, maka peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif
lapangan. Adapun metode yang digunakan adalah metode wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Subjek penelitian ini diambil dari kepala sekolah serta 4 guru.
Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI
Al-Azizy daleman karduluk mencakup 4 yaitu: memotivasi guru, menjadi teladan,
menciptakan suasana yang kerja yang kondusif, serta pengawasan. Adapun faktor
pendukung mencakup 3 yaitu: Kerja sama yang baik, teladan kepala sekolah,
pemberian motivasi oleh kepala sekolah. Adapun faktor penghambat dalam
mendisiplinkan guru terdapat 2 yaitu; Kebutuhan guru, Kurangnya kesadaran diri
dalam tanggung jawab.


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Robitul Abror - Personal Name
Student ID
20209603078
Dosen Pembimbing
faizun najah, m.pd - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
PRODI Pendidikan Agama islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
SKR.2024
Copyright
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail