Skripsi
Internalisasi Pendidikan Karakter dengan Metode Storytelling di TK Al-Azhar desa Pagendingan Kecamatan Galis kabupaten Pamekasan
XML JSON
ABSTRAK
Elbas Nur’Aini, 2023 Internalisasi Pendidikan Karakter dengan Metode
Storytelling di TK Al-Azhar desa Pagendingan
Kecamatan Galis kabupaten Pamekasan.
Pembimbing : Mhammad Firdaus, MA.
Kata Kunci : Internalisasi Pendidikan Karakter dengan Metode
Storytelling.
Anak merupakan generasi penerus bangsa dan merupakan tabungan bagi
orang tua yang hasilya kelak akan kita petik saat dia dewasa. Dalam menjalani masa
pertumbuhan dan perkembangan anak membutuhkan pendidikan dan
pendampingan dalam membentuk jati diri mereka, agar ia dapat tumbuh menjadi
manusia yang berkarakter baik yang sesuai dengan ajaran agama dan budaya yang
berlaku. Dalam waktu tersebut ada banyak hambatan atau masalah yang dihadapi
baik yang berasal dari diri sendiri, lingkungan rumah, sekolah dan lingkungan
tempat anak bersosialisasi lainnya yang dapat mempengaruhi anak.
Pendidikan sekaligus penanaman karakter merupakan salah satu hal yang
harus dan penting dilakukan karena akan sangat berpengaruh pada keperibadian
masing-masing anak, baik dalam berkomunikasi dan mengekspresikan perasaan
anak, serta memperkuat bounding anak dan orang tua. Ada pepatah arab “Atta’allum fis shughuri kan naqshi fil hajari” memberikan pembelajaran di waktu
kecil seperti memahat di atas batu.
Maka tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses
internalisasi pendidikan karakter melalui metode storytelling dan untuk mengetahui
implikasi dari proses internalisasi pendidikan karakter melalui metode storytelling.
Penelitian ini menggunakan pendekatasn kualitatif berupa bservasi dan
wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah para guru dan kepala sekolah di TK
Al-Azhar Pagendingan dan beberapa wali murid. Peneliti mengolah dan
menganalisis data untuk mendapatkan informasi. Sedangkan untuk keabsahan data,
peneliti memilih triangulasi sumber.
Berdasarkan pengamatan dalam penelitian ini dapat disimpulakan bahwa
penggunaan metode ini karena mudah menarik perhatian peserta didik, mudah
dimengerti, dan banyaknya manfaat lainnya dengan menggunakan media
penunjang seperti gambar, APE, dan menghadirkan wujud asli dari benda yang
sesuai dengan tema dan untuk memudahkan sekolah dalam menuju tujuan
pendidikan, sekolah mengajak para wali murid untuk mendukung dan ikut terlibat
dalam mendidik putra dan putri mereka dengan mengadakan kumpul bulanan yang
membahas tentang tema dan apa saja yang bisa dilakukan oleh para wali murid
dirumah, salah satunya dengan membiasakan anak untuk bercerita mengenai hal
apa saja dan untuk selalu memberikan respon terhadap hal tersebut.
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Elbas Nur’Aini - Personal Name
|
Student ID |
20209603020
|
Dosen Pembimbing |
Mohammad Firdaus, S.Pd.I., M.A - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Dr. Izzat Amini, M.Pd - - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi |
Published
|
Departement |
PRODI Pendidikan Agama islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
SKR.2024
|
Copyright |
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
|
Doi |