PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MODERAT PADA SISWA MELALUI MATA PELAJARAN PAI (Studi Kasus SMP Sabilur Rosyad Karang Mimba Desa. Larangan Badung Kec. Palengaan Kab. Pamekasan)

Detail Cantuman

Skripsi

PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MODERAT PADA SISWA MELALUI MATA PELAJARAN PAI (Studi Kasus SMP Sabilur Rosyad Karang Mimba Desa. Larangan Badung Kec. Palengaan Kab. Pamekasan)

XML JSON

ABSTRAK
Moh Mausul. 2024. Pengauatan Pendidikan Karakter Moderat Pada
Siswa Melalui Mata Pelajaran PAI ( Studi Kasus Di
SMP Sabilur Rosyad Karang Mimba Larangan
Badung Palengaan Pamekasan)
Pembimbing :Muhammad Nurul Yaqin, M.Pd.I
Kata kunci :Pendidikan Karakter. Moderasi beragama, Mata
Pelajaran PAI
Pendidikan karakter muderat menjadi perhatian dalam sistem pendidikan
di era yang sekarang, masih terdapat kesenjangan informasi mengenai pendidikan
karakter muderat pada siswa dilingkungan sekolah. Masih banyak ditemukan bagi
para siswa-siswi yang sikap moderasinya masih tidak ada, dibuktikan dengan
masih banyak ditemukan fanatisme terhadap ajaran sendiri, kelompok
pemahamannya sendiri, bahkan ada yang sampai mengucilkan
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana
pelaksanaan pendidikan karakter moderat melalui mata pelajaran PAI di SMP
Sabilur Rosyad Karang Mimba Larangan Badung Palengaan Pamekasan. Yang
dijabarkan dalam dua fokus yaitu: 1. pendidikan karakter moderasi baragama
Melalui Mapel PAI di SMP Sabilur Rosyad. 2. Bagaimana Implikasi Pelaksanaan
pendidikan karakter moderasi baragama pada siswa melalui mapel PAI di SMP
Sabilur Rosyad
Untuk mengetahui lebih dalam tentang penguatan pendidikan moderat ini,
maka peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif lapangan. Adapun
metode yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Dari metode ini, kemudian peneliti akan menganalisis untuk memperoleh data
atau informasi. Subjek penelitian ini diambil dari Guru PAI Di SMP Sabilur
Rosyad dan Siswa yang ada di SMP Sabilur Rosyad. Untuk keabsahan data,
peneliti menggunakan triangulasi dengan dua jalan yaitu: membadingkan data
hasil pengamatan dengan hasil wawancara dengan triangulasi antar metode yaitu
membandingkan keadaan dan perspektif seseorang dengan berbagai pendapat dan
pandangan orang lain.
Penguatan pendidikan karakter moderasi baragama di SMP Sabilur
Rosyad dalam pelaksanaannya diterapkan melalui beberapa tahapan 1
Perencanaan yang meliputi adanya silabus dan RPP. 2.Pelaksanaan/pembelajaran
dalam hal ini guru PAI menggunakan pembelajaran meteode ceramah dan diskusi.
3 adanya Evaluasi, hal ini dimaksudkan agar siswa dapat dengan mudah
memahami secara detail dan menyeluruh terkait pendidikan karakter moderasi
beragama sehingga dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari hari. Implikasi
penerapan pendidikan karakter moderasi baragama pada siswa di SMP Sabilur
Rosyad adalah siswa memahami toleransi, siswa memahami persaudaraan serta
Siswa tidak tidak fanatik.


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
MOH. MAUSUL - Personal Name
Student ID
20209603056
Dosen Pembimbing
Muhammad Nurul Yakin, M.pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
PRODI Pendidikan Agama islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
SKR.2024
Copyright
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail