Implementasi Amaliyah Tadries Dalam Membentuk Karakter Mahasantri IDIA Sebagai Calon Guru Pengabdian

Detail Cantuman

Skripsi

Implementasi Amaliyah Tadries Dalam Membentuk Karakter Mahasantri IDIA Sebagai Calon Guru Pengabdian

XML JSON

ABSTRAK
Ulya Mufliyati 2023: Implementasi Amaliyah Tadries Dalam Membentuk
Karakter Mahasantri IDIA Sebagai Calon Guru
Pengabdian
Dosen Pembimbing : Luthfatul Qibtiyah, S.Hum., M.Pd.I.
Kata Kunci : Implementasi Amaliyah tadries, Membentuk Karakter,
Calon Guru Pengabdian.
Amaliyah tadries adalah (praktik mengajar) suatu bentuk latihan
mengajar oleh seorang calon guru secara terbimbing untuk mendapatkan
keterampilan mengajar. Kegiatan tersebut ditempuh dalam waktu tertentu
sebagai salah satu syarat untuk memenuhi program Niha’ie. Keunikan dari
kegiatan Amaliyah Tadries mampu membentuk karakter Mahasantri calon guru
pengabdian diantarnya disiplin waktu, dan tanggung jawab.
Permasalahan dalam penelitian ini ialah : 1) Bagaimana Implementasi
Amaliyah tadries dalam membentuk mahasantri IDIA sebagai calon guru
pengabdian 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam program
Amaliyah tadries membentuk karakter mahasantri IDIA sebagai calon guru
pengabdian. Adapun tujuan dalam penelitian ini ialah : 1) untuk mengetahui
bagaimana Implementasi amaliyah tadries dalam membentuk mahasantri IDIA
sebagai calon guru pengabdian 2) untuk mengetauhi adakah faktor pendukung
dan penghambat dalam program amaliyah tadris dalam membentuk mahasantri
IDIA sebagai calon guru pengabdian
Penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif, teknik pengumpulan data pada penelitan ini menggunakan
wawancara, observasi, dokumentasi, sedangkan informan dalam penelitian ini
berasal dari Penanggung jawab Amaliyah tadries, Musrifah, Naiba musyrifah,
dan Mahasantri kelas akhir intensif.
Hasil penelitian ini ialah : 1) Implementasi program amaliyah tadries
memiliki tujuan untuk membentuk karakter calon guru pengabdian, melalui
bimbingan cara mengajar dan penguasaan materi, membuat i’dad dan
penyusunan i’dad. 2) Pelaksanaan amaliyah tadries di IDIA Prenduan berjalan
dengan efektif dan baik, dari kegiatan amaliyah tadris di IDIA Prenduan ada
Faktor pendukung dan faktor penghmbat dalam pelaksanaan amaliyah tadries
faktor pendukung adanya partisipasi dari mahasiswi itu sendiri, sedangkan
xiv
faktor penghambat adalah mashasantri malas membaca buku metode
pembelajaran.


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Ulya Mufliyati - Personal Name
Student ID
20209603092
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
PRODI Pendidikan Agama islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
SKR.2024
Copyright
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail