Skripsi
TRUST DALAM PENDIDIKAN PESANTREN (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PRENDUAN)
XML JSON
ABSTRAK
xvii
Nurul Falahah. 2023. Trust dalam Pendidikan Pesantren (Studi kasus
di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan)
Pembimbing : Dr. Ach. Nurholis Majid, S.Sos.I.,M.Pd
Kata Kunci : Trust, Pendidikan Pesantren, Pesantren Al-Amien
Prenduan
Pesantren kerap kali di terpa isu-isu miring yang menyebar secara cepat oleh
oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dan ingin menjatuhkan nama baik
pesantren, sehingga kasus-kasus yang belum tentu kebenarannya pun tersebar luas
di media sosial, hal ini berdampak pada rusaknya kepercayaan (trust) masyarakat
khususnya wali santri terhadap pesantren.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan konsep trust yang
dijalankan dalam pendidikan pesantren Al-Amien Prenduan dan menggambarkan
praktik terbaik (best practice) dari implementasi trust dalam pendidikan pesantren,
yang kemudian di jabarkan dalam dua fokus yaitu: 1. Bagaimana konsep trust
dalam pendidikan pesantren perspektif kiai Al-Amien Prenduan, 2. Bagaimana
implementasi konsep trust dalam Pendidikan di pesantren Al-Amien Prenduan.
Untuk dapat mendeskripsikan tentang konsep trust dan implementasinya
dalam pendidikan pesantren maka peneliti menggunakan pendekatan penelitian
kualitatif dengan jenis studi kasus, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
dilaksanakan melalui 3 teknik yaitu : (1) Wawancara, (2) Observasi dan (3)
Dokumentasi. Hasil data penelitian kemudian di analisis dengan analisis data
interaktif: (1) kondensasi data, (2) menyajikan data, (3)menarik kesimpulan dan
verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan 2 macam triangulasi yaitu
triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan ditemukan bahwa konsep trust dalam
pendidikan pesantren terdiri dari beberapa komponen, antara lain: (1) Elemen trust,
(2) subjek trust, (3) Fungsi trust, (4) Tipe trust, (5) Build trust, sementara itu, yang
ditemukan dari implementasi konsep trust dalam pendidikan di pesantren Al-Amien
Prenduan, (1) Realisasi kebijakan sistematis untuk memperkuat relasi, (2)
Peningkatan kepercayaan masyarakat, (3) Figur implementor dalam pendidikan di
pesantren Al-Amien Prenduan, (4) Faktor pendukung yaitu sistem yang berjalan
dengan teratur, kedisplinan yang selalu diterapkan dalam pendidikan, keseriusan
pelaku dalam memberikan pendidikan sedangkan Faktor penghambat dalam
implementasi konsep trust dalam pendidikan di pesantren Al-Amien Prenduan,
diantaranya: latar belakang santri yang berbeda-beda, tidak tercapainya standar
yang ditetaokan di pesantren.
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Nurul Falahah - Personal Name
|
Student ID |
20209603070
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Ach Nurbolis Majid. S.Sos.I, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Fayruzah El-Faradis, S.Kom.I., M.Pd.I - - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi |
Published
|
Departement |
PRODI Pendidikan Agama islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
SKR.2024
|
Copyright |
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
|
Doi |