UPAYA GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA (Studi Kasus di MTS Mambaul Ihsan Larangan Perreng Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep Tahun 2023)

Detail Cantuman

Skripsi

UPAYA GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA (Studi Kasus di MTS Mambaul Ihsan Larangan Perreng Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep Tahun 2023)

XML JSON

ABSTRAK
Sriwahyuni.2023. Upaya Guru Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa
(Studi Kasus di MTS Mambaul Ihsan Larangan Perreng
Pragaan Kabupaten Sumenep Tahun 2023)
xi
Pembimbing : Ahmadi, S.TH.I., M.Ag
Kata Kunci : Upaya guru, Karakter Religius
Pendidikan nasional memiliki fungsi, yaitu untuk mengembangkan
kemampuan dan membentuk watak serta peradapan bangsa yang bermartabat
dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Globalisasi adalah salah satu
faktor yang mempengaruhi kurangnya karakter religius di sekolah.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini,di latar belakangi oleh
masih banyaknya perilaku-perilaku siswa di MTS Mambaul Ihsan yang tidak
mencerminkan karakter yang religius dan ingin mengetahui bagaimana upaya
guru dalam pembentukan karakter religius yang dijabarkan dalam dua fokus yaitu
: 1. Bagaimana Upaya guru dalam pembentukan karakter religius siswa di MTS
Mambaul Ihsan. 2.Apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam
pembentukan karakter religius siswa di MTS Mambaul Ihsan.
Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi
kasus. Adapun metode yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Dengan metode ini, peneliti kemudia mengolah dan menganalisis
untuk memperoleh data atau informasi. Sedangkan untuk keabsahan data, peneliti
memilih trianggulasi sumber.
Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan. Ada beberapa upaya
guru dalam pembentukan karakter religius siswa di MTS Mambaul Ihsan di
antaranya pembiasaan mengaji yasin, memberikan contoh yg baik, mengayomi,
memberikan apresiasi, menanmkan sikap jujur, disiplin, dan pemberian stimulus.
Adapun faktor penghambatnya adanya pergaulan bebas, pengaruh budaya asing,
Orang tua egois, siswa sulit di beri nasehat, dan kurangnya kesadaran terhadap
diri anak. Faktor pendukungnya sarana dan prasarana yang cukup memadai seperti
ekstra kurikuler keagamaan tilawah, bimbingan Taman Pendidikan Al-Qur’an
(TPQ) serta adanya lab komputer dan musholla


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Sriwahyuni - Personal Name
Student ID
20209603086
Dosen Pembimbing
Ahmadi, S.Th.I., M.Ag - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Muru’atul Afifah, M.Pd.I - - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
PRODI Pendidikan Agama islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
SKR.2024
Copyright
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail