Skripsi
PENERAPAN NILAI-NILAI RELIGIUSITAS DALAM PEMBENTUKAN ASPEK AFEKTIF SISWA SEKOLAH DASAR AD-DZIKIR DESA PRAGAAN LAOK KECAMATAN PRAGAAN KABUPATEN SUMENEP TAHUN 2023
XML JSON
ABSTRAK
xii
Mazna Majdiyah, 2023 : Penerapan Nilai-Nilai Religiusitas Dalam
Pembentukan Aspek Afektif Siswa Sekolah Dasar
Ad-Dzikir Desa Pragaan Laok Kecamatan
Pragaan Kabupaten Sumenep Tahun 2023.
Pembimbing : Uswatun Hasanah, S.Hum., MA
Kata Kunci : Nilai-Nilai Religiusitas, Aspek Afektif
SD Ad-Dzikir merupakan salah satu sekolah dasar yang menerapkan nilainilai religiusitas dalam proses belajar mengajar. Nilai-nilai religiusitas adalah suatu
nilai yang dapat menunjang seseorang melakukan hal yang dapat mendekatkan diri
kepada sang maha pencipta, sesama manusia, dan makhluk hidup lainnya.
Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan nilai-nilai
religiusitas dalam pembentukan aspek afektif siswa dan faktor pendukung serta
penghambat dalam penerapan nilai-nilai religiusitas.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data dalam
penelitian ini adalah guru wali kelas dan siswa di sekolah dasar Ad-Dzikir desa
Pragaan. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Pada teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman
yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau
verifikasi. Kemudian, pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi
sumber dengan membandingkan hasil wawancara dari beberapa informan.
Hasil dari penelitian ini bahwasanya di sekolah dasar Ad-Dzikir
melaksanakan (1) Penerapan nilai-nilai religiusitas melalui program shalat Dzuhur
berjamaah dapat membangun kedisiplinan dan tanggung jawab; (2) Penerapan
nilai-nilai religiusitas melalui kegiatan menghafal juz ‘Amma dan surah munjiyat
dapat membentuk aspek afektif siswa pada ranah karakteristik; (3) Penerapan nilainilai religiusitas melalui penanaman perilaku baik dapat membentuk aspek afektif
siswa pada ranah menerima. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat pada
penerapan nilai-nilai religiusitas dalam membentuk aspek afektif siswa, dari faktor
pendukung terdapat faktor guru dan faktor orang tua. Pada faktor penghambat
terdiri dari lingkungan, keluarga, serta faktor dalam diri anak.
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Mazna Majdiyah - Personal Name
|
Student ID |
20209603107
|
Dosen Pembimbing |
Uswatun Hasanah, S. Hum, MA - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
faizun najah, m.pd - - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi |
Published
|
Departement |
PRODI Pendidikan Agama islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
SKR.2024
|
Copyright |
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
|
Doi |