PENERAPAN NILAI-NILAI RELIGIUSITAS DALAM PEMBENTUKAN ASPEK AFEKTIF SISWA SEKOLAH DASAR AD-DZIKIR DESA PRAGAAN LAOK KECAMATAN PRAGAAN KABUPATEN SUMENEP TAHUN 2023

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN NILAI-NILAI RELIGIUSITAS DALAM PEMBENTUKAN ASPEK AFEKTIF SISWA SEKOLAH DASAR AD-DZIKIR DESA PRAGAAN LAOK KECAMATAN PRAGAAN KABUPATEN SUMENEP TAHUN 2023

XML JSON

ABSTRAK
xii
Mazna Majdiyah, 2023 : Penerapan Nilai-Nilai Religiusitas Dalam
Pembentukan Aspek Afektif Siswa Sekolah Dasar
Ad-Dzikir Desa Pragaan Laok Kecamatan
Pragaan Kabupaten Sumenep Tahun 2023.
Pembimbing : Uswatun Hasanah, S.Hum., MA
Kata Kunci : Nilai-Nilai Religiusitas, Aspek Afektif
SD Ad-Dzikir merupakan salah satu sekolah dasar yang menerapkan nilainilai religiusitas dalam proses belajar mengajar. Nilai-nilai religiusitas adalah suatu
nilai yang dapat menunjang seseorang melakukan hal yang dapat mendekatkan diri
kepada sang maha pencipta, sesama manusia, dan makhluk hidup lainnya.
Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan nilai-nilai
religiusitas dalam pembentukan aspek afektif siswa dan faktor pendukung serta
penghambat dalam penerapan nilai-nilai religiusitas.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data dalam
penelitian ini adalah guru wali kelas dan siswa di sekolah dasar Ad-Dzikir desa
Pragaan. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Pada teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman
yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau
verifikasi. Kemudian, pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi
sumber dengan membandingkan hasil wawancara dari beberapa informan.
Hasil dari penelitian ini bahwasanya di sekolah dasar Ad-Dzikir
melaksanakan (1) Penerapan nilai-nilai religiusitas melalui program shalat Dzuhur
berjamaah dapat membangun kedisiplinan dan tanggung jawab; (2) Penerapan
nilai-nilai religiusitas melalui kegiatan menghafal juz ‘Amma dan surah munjiyat
dapat membentuk aspek afektif siswa pada ranah karakteristik; (3) Penerapan nilainilai religiusitas melalui penanaman perilaku baik dapat membentuk aspek afektif
siswa pada ranah menerima. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat pada
penerapan nilai-nilai religiusitas dalam membentuk aspek afektif siswa, dari faktor
pendukung terdapat faktor guru dan faktor orang tua. Pada faktor penghambat
terdiri dari lingkungan, keluarga, serta faktor dalam diri anak.


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Mazna Majdiyah - Personal Name
Student ID
20209603107
Dosen Pembimbing
Uswatun Hasanah, S. Hum, MA - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
faizun najah, m.pd - - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
PRODI Pendidikan Agama islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
SKR.2024
Copyright
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail