IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI KELAS VI MI AL-AMIEN TEGAL

Detail Cantuman

Skripsi

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI KELAS VI MI AL-AMIEN TEGAL

XML JSON

ABSTRAK
Matandi 2024. Implementasi Metode Pembelajaran Tutor Sebaya dalam
mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an
Hadist di kelas VI MI Al-amien Tegal.
Pembimbing : Achmad Maulidi, M.Pd.I
Kata Kunci : Metode Tutor Sebaya, Kesulitan Belajar Siswa.
Dalam penelitian kali ini membahas terkait Bagaimana Kondisi belajar
siswa dan Implementasi pembelajaran Tutor Sebaya Dalam mengatasi kesulitan
belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an hadis di kelas VI MI Al-Amien tegal.
Keputusan peneliti memberi arti dengan memaknai bahwa dalam peroses
pembelajaran tentu sangat dibutuhkan metode pembelajaran yang menarik dan
disenangi pesserta didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar. Melalui
penerapan model dan metode pembelajaran yang baik dan tepat sehingga tujuan
pembelajaran yang diharapkan oleh tenaga pendidik dapat tercapai.
Metodelogi pengumpulan data yang digunakan ialah dengan menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sehingga dengan teknik analisis data
kualitatif denganmenjabarkan data-data yang dijumpai dilapangan yang bertujuan
untuk mengetahui kondisi belajar dan implementatasi metode pembelajaran tutor
sebaya pada mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis Di Kelas VI MI Al-Amien Tegal
sebagai berikut.
Berdasarkan hasil penelitian tahap pelaksanaan metode pembelajaran tuor
sebaya ada beberapa tahap pelaksanaan metode pembelajaran tuor sebaya dalam
mengatasi kesulitan belajar siswa. Tahap Evaluasi Metode Pembelajaran tutor
sebaya dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata Pelajaran Al- Quran
Hadis Di Kelas VI MI Al-Amien Tegal Banyaknya siswa yang prestasi belajarnya
kurang dalam pembelajaran disebabkan salah satunya karena proses pembelajaran
belum melibatkan siswa secara aktif, sehingga prestasi belajar siswa jauh dari
yang diharapkan.
Kesimpulan sementara yang belum jelas dan belum pasti, diadakan reduksi
dan verifikasi kembali. Kemudian, setelah peneliti yakin betul bahwa kesimpulan
sementara itu telah kuat maka peneliti menginterpretasikan dan memaknainya
kemudian menarik kesimpulan akhir sebagai temuan penelitian. Tahap
perencanaan metode pembelajaran tutor sebaya untuk tahap-tahap perencanaan
pembelajaran Al-Qur'an Hadis berupa langkah awal bagi para guru pamong dalam
menyikapi dari berbagai kriteria siswanya. antara lain sebagai berikut.


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Matandi - Personal Name
Student ID
20209603052
Dosen Pembimbing
Achmad Maulidi, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Ahmadi, S.Th.I., M.Ag - - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
PRODI Pendidikan Agama islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
SKR.2024
Copyright
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail