KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT M. QURAISH SHIHAB DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Detail Cantuman

Skripsi

KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT M. QURAISH SHIHAB DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

XML JSON

ABSTRAK
Indana Zulfa, 2023. Konsep Pendidikan Anak menurut M. Quraish Shihab dalam
Perspektif Pendidikan Islam
Pembimbing : Ach. Tajib, M.Pd.I
Kata Kunci : Pendidikan Anak, Pendidikan Islam
M. Quraish Shihab merupakan salah satu tokoh di Indonesia yang banyak
memberikan perhatian terhadap kehidupan anak dan keluarga serta adanya
kesenjangan hubungan antara anak dengan keluarga dan problematikanya. Dari
berbagai topik kajian yang diangkat oleh M. Quraish Shihab, terdapat tiga topik
kajian utama yang apabila diteliti lebih lanjut berhubungan langsung dengan
pendidikan, yaitu topik tentang konsep pendidikan dalam al-Qur'an, ilmu
pengetahuan dan teknologi serta akhlak. Sedangkan topik-topik lainnya
merupakan topik pelengkap/umum yang secara tidak langsung memiliki hubungan
dengan pendidikan. Pemikiran dan gagasan M. Quraish Shihab tersebut telah
menunjukkan dengan jelas bahwa di dalam al-Qur'an terdapat ayat-ayat yang
memiliki implikasi terhadap munculnya konsep pendidikan menurut al-Qur'an
yang pada gilirannya dapat menjadi salah satu bidang kajian yang cukup menarik.
Upaya ini perlu dilakukan mengingat bahwa di dalam pemikiran dan gagasan
yang dituangkan oleh M. Quraish Shihab tersebut masih mengisyaratkan perlunya
dilakukan studi lebih mendalam tentang pendidikan dalam perspektif al-Qur'an.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan konsep M. Quraish
Shihab tentang Pendidikan Anak dan cara mendidik anak menurut M. Quraish
Shihab dalam perspektif pendidikan Islam.
Adapun pendekatan yang penulis gunakan adalah pendekatan filosofis
dengan jenis penelitian kepustakaan. Sedangkan prosedur pengumpulan datanya
penulis menggunakan instrument kartu data. Sementara analisis data yang penulis
gunakan adalah metode analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep M. Quraish Shihab tentang
Pendidikan Anak dapat diklasifikasikan menjadi 3 (tiga) kelompok, yaitu
pendidikan akidah, pendidikan ibadah dan pendidikan akhlak (kepada Allah,
kepada orang lain dan kepada diri sendiri). Sedangkan cara mendidik anak
menurut M. Quraish Shihab dalam perspektif pendidikan Islam, adalah membekali
anak dengan tauhid karena pendidikan ketauhidan Allah swt. dan pemberian
pengetahuan akan kuasa dan cakupan ilmu-Nya yang sangat luas, mengenalkan
dengan anak kepada hal-hal yang terkait dengan ibadah, seperti shalat, puasa dan
sebagainya, serta mengajarkan dan menguatkan akhlak anak


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Indana Zulfa - Personal Name
Student ID
20209603100
Dosen Pembimbing
A.Tajib, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
PRODI Pendidikan Agama islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
SKR.2024
Copyright
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail