Upaya Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Pembelajaran Muatan Lokal Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) di Sekolah Dasar Ad-Dzikir Pragaan Sumenep 2023

Detail Cantuman

Skripsi

Upaya Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Pembelajaran Muatan Lokal Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) di Sekolah Dasar Ad-Dzikir Pragaan Sumenep 2023

XML JSON

ABSTRAK
xii
Hanifah. 2023. Upaya Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an
Melalui Pembelajaran Muatan Lokal Baca Tulis AlQur’an di Sekolah Dasar Ad-Dzikir Pragaan Sumenep
2023
Pembimbing : Fathorrahman, S. Sos. I, M.Pd
Kata kunci : upaya, peningkatan, kemampuan, Muatan lokal Baca Tulis
Qur’an
Seperti yang sudah terjadi pada masa sekarang ini mayoritas anak-anak
belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Bahkan para anak-anak
muda yang masih dan sudah beranjak dewasa pun masih ada yang membaca AlQur’an dengan tidak memperhatikan tajwid dan makhrijul hurufnya. Padahal hal
tersebut sangat penting guna menjaga kebenaran dan kefashihan dalam membaca
Al-Qur’an, karena walaupun dengan satu kesalahan kaidah saja bisa mengubah
maksud dan maknanya dan itu menyebabkan datangnya dosa.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana
upaya peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur’an melalui pembelajaran
muatan lokal Baca Tulis Al-Qur’an di Sekolah Dasar Ad-Dzikir Pragaan,
bagaimana upaya penerapan pembelajaran muatan lokal baca tulis al-Qur’an siswa
dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan kemampuan
baca tulis Al-Qur’an siswa Sekolah Dasar (SD) Ad-Dzikir Pragaan.
Untuk mengetahui lebih dalam tentang penelitian ini , maka peneliti
menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 3 cara yaitu wawancara,
observasi dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah dasar
Ad-Dzikir Pragaan sudah diterapkan sejak awal berdirinya sekolah ini, dan
terdapat beberapa upaya guru yang dilakukan utuk meningkatkan kemampuan
baca tulis Al-Qur’an siswa. Yaitu; membiasakan siswa membaca Al-Qur’an
sekaligus mencari hukum-hukum bacaannya, membiasakan mengecek hasil
tulisan siswa, mengevaluasi bacaan Al-Qur’an siswa melalui setoran hafalan,
membiasakan siswa menulis Al-Qur’an sesuai dengan penempatan hurufnya, dan
menekankan pada siswa untuk menghafal surah Al-Qur’an serta mewajibkan
setoran hafalan juz 30 untuk siswa akhir (kela


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Hanifah - Personal Name
Student ID
: 20209603032
Dosen Pembimbing
Fathorrahman, S.sos,.M.PD - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
faizun najah, m.pd - - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
PRODI Pendidikan Agama islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
SKR.2024
Copyright
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail