Skripsi
IMPLEMENTASI METODE CERAMAH PLUS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV DI MI AL-IBROHIMIY MASARAN SENTOL DAYA PRAGAAN SUMENEP 2023
XML JSON
ABSTRAK
Khofifatus Shalehah. 2023. Implementasi Metode Ceramah Plus dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IV di MI
Al-Ibrohimiy Masaran Sentol Daya Pragaan Sumenep 2023
Pembimbing: Fathorrahman S.Sos.I, M.Pd
Kata Kunci: Metode Ceramah Plus dan Motivasi Belajar
Dewasa ini gejala kurang fokus, mengantuk dan murid menjadi pasif dalam belajar
bukan hal yang tabu lagi. Sehingga terkesan ada unsur paksaan untuk
mendengarkan saat pembelajaran dikarenakan penggunaan sebuah metode yang
monoton. Inovasi penggunaan metode bertujuan agar pembelajaran lebih efektif
sehingga terjadi kolaborasi antar pendidik dan anak didik. Dengan gejala tersebut,
kebanyakan siswa kurang termotivasi. Maka, penggunaan metode yang bervariasa
dirasa perlu. Metode ceramah plus ialah Metode ceramah ialah sistem pembelajaran
dengan penggunaan ceramah lisan diselingi dengan metode lainnya. Atau metode
ini dipadukan dari satu metode
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan
metode ceramah plus demonstrasi dan latihan dalam meningkatkan motivasi belajar
pada mata pelajaran Fiqih kelas IV di MI Al-Ibrohimiy Masaran Sentol Daya?
Bagaimana hasil dari penerapan metode ceramah plus demonstrasi dan latihan
dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Fiqih kelas IV di MI AlIbrohimiy Masaran Sentol Daya? Apa saja faktor pendukung dan penghambat
dalam penerapan metode ceramah plus demonstrasi dan latihan dalam
meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Fiqih kelas IV di MI AlIbrohimiy Masaran Sentol Daya
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber
data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian
ini terdiri kepala sekolah, Waka Kurikulum, Guru Fiqih dan siswa kelas IV. Untuk
keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, perencanaan (perangkat bahan ajar)
dalam penerapan metode ceramah plus dilakukan dalam 3 tahap yaitu pendahuluan,
inti (Penjabaran atau penjelasan materi terlebih dahulu dengan menggunakan
metode ceramah. Dilanjutkan dengan pendemonstrasian atau uji coba selanjutnya
metode latihan dalam bentuk tes tertulis, lisan maupun hafalan, serta penutup serta
evaluasi. Kedua, hasil dari penerapan metode ceramah plus ialah sangat efektif
dilihat ketika KBM berlangsung siswa lebih percaya diri ketika memperagakan
didepan teman sebanyanya dan dapat dilihat pada nilai rapor mata pelajaran fiqih
kelas IV dengan nilai rata-rata 6. Ketiga, faktor pendukung: 1). Sarana dan
prasarana 2). Berada di bawah naungan pondok yang mempermudah praktek. 3).
Adanya guru pengganti. Sedangkan faktor penghambat: 1). Kurang efisiennya
waktu yang disediakan saat pembelajaran 2). Kurangnya perhatian untuk belajar
dari keluarga. 3). Kurangnya media yang berbasis sistem TIK di era digital.
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
KHOFIFATUS SHALEHAH - Personal Name
|
Student ID |
20209603043
|
Dosen Pembimbing |
Fathorrahman, S.sos,.M.PD - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Abd.Qodir Jailani, M.pd.I - - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi |
Published
|
Departement |
PRODI Pendidikan Agama islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
SKR.2024
|
Copyright |
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
|
Doi |