Skripsi
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG SISWA DI SMPN 1 PRAGAAN KABUPATEN SUMENEP
XML JSON
ABSTRAK
Cholila Dwi Febriyanti. 2023. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Mengatasi Perilaku Menyimpang Siswa di SMPN
1 Pragaan Kabupaten Sumenep
Pembimbing : Uswatun Hasanah, S.Hum., MA
Kata Kunci : Upaya, Guru Pendidikan Agama Islam, Perilaku Menyimpang
Derasnya arus globalisasisaat ini, teknologi informasi globalsemakin maju serta
sangat mudah di akses oleh semua kalangan yang akhirnya memberi pengaruh
positif/negatif dengan bebas masuk di lingkungan masyarakat sehingga berdampak
pada gaya atau perilaku bersosial setiap individu masyarakat, apalagi dampak
tersebut sangat rawan bagi seorang anak remaja dalam pertumbuhannya. Seperti
halnya di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini siswa telah memasuki
tahap masa remaja, masa dimana seseorang mudah sekali terjerumus ke dalam
perilaku yang menyimpang.
Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana bentukbentuk perilaku menyimpang siswa yang dilakukan di SMPN 1 Pragaan Kabupaten
Sumenep. 2. Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi
perilaku menyimpang di SMPN 1 Pragaan.
Untuk mengetahui lebih dalam tentang fenomena perilaku penyimpangan ini,
maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun metode yang
digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari metode ini
kemudian peneliti mengumpulkan dan menganalisis untuk memperoleh data atau
informasi. Subjek penelitian ini diambil dari 2 guru Pendidikan Agama Islam, 1
guru Bimbingan Konseling, dan 1 Kepala Sekolah. Untuk keabsahan data, peneliti
menggunakan triangulasi sumber yaitu peneliti membandingkan dan mengecek
suatu informasi yang diperoleh melalui metode wawancara, observasi, serta
dokumentasi dalam penelitian kualitatif.
Bentuk-Bentuk perilaku penyimpangan siswa yang dilakukan di SMPN 1
Pragaan yaitu bolos sekolah, berkelahi dengan teman kelasnya, bullying sesama
teman dengan memanggil nama orang tuanya, menggunakan perangkat elektronik
(HP) selama jam pelajaran, menunjukkan kurangnya usaha dalam mengerjakan
tugas (menyalin pekerjaan temannya), serta berbicara atau bertindak dengan
sengaja untuk mendapatkan perhatian meskipun tidak berhubungan dalam
pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada faktor penyebab yang
mempengaruhi siswa untuk melakukan perilaku penyimpangan sosial mulai dari
faktor internal diri sendirinya, keluarga dan faktor eksternal seperti halnya teman
sebaya dan lingkungan sekitar. Maka dari itu upaya guru Pendidikan Agama Islam
(PAI) berusaha untuk membentuk sikap kedisiplinan dan sikap tanggung jawab
melalui upaya represif dan preventif dengan pemberian sanksi atau konsekuensi
serta memberikan arahan kepada siswa melalui kegiatan keagamaan yang selalu
dilaksanakan setiap hari yaitu shalat dzuhur berjamaah.
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
CHOLILA DWI FEBRIYANTI - Personal Name
|
Student ID |
20209603108
|
Dosen Pembimbing |
Uswatun Hasanah, S.Hum, MA - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Dr. Izzat Amini, M.Pd - - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi |
Published
|
Departement |
PRODI Pendidikan Agama islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
SKR.2024
|
Copyright |
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
|
Doi |