Skripsi
STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENANGGULAGI DAMPAK NEGATIF APLIKASI TIKTOK (Studi Kasus Di Mts Darun Najah Sumber Anyar Gadu Timur Ganding Sumenep Jawa Timur Tahun 2023
XML JSON
ABSTRAK
Ahmad Maddah Hamdani. 2023. Strategi Guru Aqidah Akhlak Dalam
Menanggulangi Dampak Negatif Aplikasi
Tiktok Pada Peserta Didik (Studi Kasus Di
Mts Darun Najah gadu timur ganding
sumenep jawa timur Tahun 2023)
Pembimbing : Fathorrahman, S.Sos.I., M.Pd.
Kata kunci : Dampak Negatif Tiktok, Strategi Guru Aqidah Akhlak
Tiktok merupakan salah satu jenis jejaring sosial yang diminati banyak
orang, mulai dari remaja hingga dewasa. menariknya adalah aplikasi ini
menawarkan banyak konten video kekinian dan tentunya menarik perhatian semua
orang. Namun di balik kontennya yang menarik, aplikasi TikTok menyimpan
banyak potensi dampak negatif seperti memakan waktu lama bagi penggunanya,
membuat ketagihan, dan banyaknya konten dewasa yang muncul, yang tentunya
dapat berdampak pada penggunanya, termasuk pelajar Oleh karena itu, guru
pengajar aqidah akhlak sangat berperan penting dalam mencegah krisis moral
akibat dampak negatif dari tiktok tersebut..
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif study kasus. Sumber
data diperoleh dari pengajar materi aqidah akhlak, guru bimbingan konseling dan
peserta didik. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan teknik
yang digunakan untuk mengecek keabsahan data adalah triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah strategi yang digunakan guru aqidah akhlak
dalam menanggulagi dampak negatif aplikasi tiktok yaitu melakukan tindakan
pencegahan yang diantaranya memberikan arahan tentang dampak negatif aplikasi
tiktok, dan menjadi teladan yang baik bagi peserta didik. Selain itu pengajar
aqidah akhlak memberikan kegiatan shalat jamaah dzuhur dan menghafal surat
pendek ketika ada waktu kosong. Sanksi juga diterapkan oleh pengajar aqidah
akhlak apabila ada salah satu peserta didik yang enggan untuk diperingatkan
kembali. Dengan terlaksana strategi-strategi yang dilakukan oleh pengajar aqidah
akhlak berdampak baik terhadap cara bertuturkata dan bertingkah laku peserta
didik, serta menjadikan peserta didik lebih pandai dalam bersosial media terutama
aplikasi tiktok.
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Ahmad Maddah Hamdani - Personal Name
|
Student ID |
20209603008
|
Dosen Pembimbing |
Fathorrahman, S.sos,.M.PD - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Abd.Qodir Jailani, M.pd.I - - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi |
Published
|
Departement |
PRODI Pendidikan Agama islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
SKR.2024
|
Copyright |
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
|
Doi |