STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENANGGULAGI DAMPAK NEGATIF APLIKASI TIKTOK (Studi Kasus Di Mts Darun Najah Sumber Anyar Gadu Timur Ganding Sumenep Jawa Timur Tahun 2023

Detail Cantuman

Skripsi

STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENANGGULAGI DAMPAK NEGATIF APLIKASI TIKTOK (Studi Kasus Di Mts Darun Najah Sumber Anyar Gadu Timur Ganding Sumenep Jawa Timur Tahun 2023

XML JSON

ABSTRAK
Ahmad Maddah Hamdani. 2023. Strategi Guru Aqidah Akhlak Dalam
Menanggulangi Dampak Negatif Aplikasi
Tiktok Pada Peserta Didik (Studi Kasus Di
Mts Darun Najah gadu timur ganding
sumenep jawa timur Tahun 2023)
Pembimbing : Fathorrahman, S.Sos.I., M.Pd.
Kata kunci : Dampak Negatif Tiktok, Strategi Guru Aqidah Akhlak
Tiktok merupakan salah satu jenis jejaring sosial yang diminati banyak
orang, mulai dari remaja hingga dewasa. menariknya adalah aplikasi ini
menawarkan banyak konten video kekinian dan tentunya menarik perhatian semua
orang. Namun di balik kontennya yang menarik, aplikasi TikTok menyimpan
banyak potensi dampak negatif seperti memakan waktu lama bagi penggunanya,
membuat ketagihan, dan banyaknya konten dewasa yang muncul, yang tentunya
dapat berdampak pada penggunanya, termasuk pelajar Oleh karena itu, guru
pengajar aqidah akhlak sangat berperan penting dalam mencegah krisis moral
akibat dampak negatif dari tiktok tersebut..
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif study kasus. Sumber
data diperoleh dari pengajar materi aqidah akhlak, guru bimbingan konseling dan
peserta didik. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan teknik
yang digunakan untuk mengecek keabsahan data adalah triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah strategi yang digunakan guru aqidah akhlak
dalam menanggulagi dampak negatif aplikasi tiktok yaitu melakukan tindakan
pencegahan yang diantaranya memberikan arahan tentang dampak negatif aplikasi
tiktok, dan menjadi teladan yang baik bagi peserta didik. Selain itu pengajar
aqidah akhlak memberikan kegiatan shalat jamaah dzuhur dan menghafal surat
pendek ketika ada waktu kosong. Sanksi juga diterapkan oleh pengajar aqidah
akhlak apabila ada salah satu peserta didik yang enggan untuk diperingatkan
kembali. Dengan terlaksana strategi-strategi yang dilakukan oleh pengajar aqidah
akhlak berdampak baik terhadap cara bertuturkata dan bertingkah laku peserta
didik, serta menjadikan peserta didik lebih pandai dalam bersosial media terutama
aplikasi tiktok.


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Ahmad Maddah Hamdani - Personal Name
Student ID
20209603008
Dosen Pembimbing
Fathorrahman, S.sos,.M.PD - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Abd.Qodir Jailani, M.pd.I - - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
PRODI Pendidikan Agama islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
SKR.2024
Copyright
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail