Skripsi
Problem disleksia pada mata pelajaran fiqih dan solusinya (Studi pada Siswa Kelas I di MI Miftahul Ulum Sumur Tengah) Palengaan Pamekasan
XML JSON
ABSTRAK
Muhrifah, 2023. Problem disleksia pada mata pelajaran fiqih dan solusinya (Studi
pada Siswa Kelas I di MI Miftahul Ulum Sumur Tengah) Palengaan
Pamekasan
Dosen pembimbing : Dr. Ruslan , M.Pd.I
Kata kunci : Disleksia, Pelajaran Fiqih, Solusi
Kesulitan belajar atau learning disability yang biasa juga disebut dengan
istilah learning disorder adalah suatu kelainan yang membuat individu yang
bersangkutan sulit untuk melakukan kegiatan belajar secara efektif. Dislexya
adalah gangguan kemampuan dan kesulitan yang memberikan efek terhadap
proses belajar, diantarnya adalah gangguan dalam proses membaca,
mengucapkan, menulis dan terkadang sulit untuk memberikan kode (pengkodean)
angka ataupun huruf. Mata pelajaran Fiqih yang dalam hal ini dimulai dari
madrasah ibtidaiyah perlu dilaksanakan dengan benar. Dalam kenyataan
dilapangan, khususnya guru madrasah ibtidaiyah belum mampu mengatasi
permasalahan yang terjadi.
Tunjuan penelitian ini untuk mendiskripsikan: 1) problem disleksia pada
mata pelajaran Fiqih siswa kelas I MI Miftahul Ulum Sumur Tengah. 2) solusi
yang digunakan dalam mengatasi problem disleksia pada mata pelajaran Fiqih
siswa kelas I MI Miftahul Ulum Sumur Tengah. Pendekatan yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yaitu
menguraikan kasus suatu kelompok, yang mana dalam penelitiannya
menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumetasi. Analisis data yang
digunakan yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik
kesimpulan. Keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi
waktu.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah; 1) Problem
disleksia pada mata pelajaran Fiqih siswa kelas I MI Miftahul Ulum Sumur
Tengah. Problem dislaksia atau learning disability sering disebut pula dengan
istilah learning disorder atau learning difficulty adalah suatu kelainan yang
membuat individu yang bersangkutan sulit untuk melakukan kegiatan belajar
secara efektif. Faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar tidak mudah untuk
ditetapkan karena faktor tersebut bersifat kompleks. 2) Solusi yang digunakan
dalam mengatasi problem disleksia pada mata pelajaran Fiqih siswa kelas I MI
Miftahul Ulum Sumur Tengah. (a) Memberikan mimbingan khusus terhadap anak
yang mengalami dislikesia. (b) Membimbing dengan buku panduan kusus yaitu
buku kata serupa yang telah dibuat oleh pihak sekolah untuk kalangan sekolah
sendiri. Pelaksanaan bimbingan belajar yang diberikan kepada siswa yang
mengalami kesulitan belajar membaca dilakukan dengan menggunakan teknik
bimbingan belajar individual dan strategi pengenalan huruf atau mengeja huruf.
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Muhrifah - Personal Name
|
Student ID |
20209603059
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Ruslan , M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Dr. Ach Nurbolis Majid. S.Sos.I, M.Pd. - - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi |
Published
|
Departement |
PRODI Pendidikan Agama islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
SKR.2024
|
Copyright |
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
|
Doi |