IMPLEMENTASI SEGMENTASI PASAR PRODUK ASURANSI HIJRAH CENDEKIA TAKAFUL BANK MUAMALAT KCP SUMENEP

Detail Cantuman

Skripsi

IMPLEMENTASI SEGMENTASI PASAR PRODUK ASURANSI HIJRAH CENDEKIA TAKAFUL BANK MUAMALAT KCP SUMENEP

XML JSON

ABSTRAK
Siti Maghfiroh Syamsul. 2024 Implementasi Segmentasi Pasar Produk
Asuransi Hijrah Cendekia Takaful Bank
Muamalat KCP Sumenep
Pembimbing :Ust. Zaid Raya Argantara, ME
Kata Kunci :Segmentasi Pasar, faktor pendukung dan
faktor penghambat
Bank Muamalat Indonesia adalah bank yang mempunyai program unggulan
produk asuransi Hijrah Cendekia Takaful. Akad yang digunakan dalam produk
asuransi hijrah cendekia takaful yaitu akad tabarrū' dan akad muḍārabah. Hal
menarik dari asuransi hijrah cendekia takaful yaitu membantu nasabah dalam
merencanakan pendidikan anaknya namun pada kenyataannya jika dilihat dari data
nasabah asuransi hijrah cendekia takaful Bank Muamalat KCP Sumenep masih
minim yaitu 30 nasabah.
Fokus penelitian ini mencakup 2 hal: 1. Bagaimana implementasi
segmentasi pasar pada produk Asuransi Hijrah Cendekia Takaful di Bank
Muamalat KCP Sumenep. 2. Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat
produk asuransi hijrah cendekia takaful Bank Muamalat KCP Sumenep.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan (field research).
sumber data yang diperoleh dari sumber data primer dan data sekunder melalui
teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan untuk mengecek
keabsahan data menggunakan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menjelaskan Segmentasi pasar produk Asuransi Hijrah
Cendekia Takaful yang diterapkan oleh Bank Muamalat KCP Sumenep mencakup
empat hal yaitu segmentasi geografis (di wilayah kota dan desa se-kabupaten
Sumenep), segmentasi demografis (dari usia 20-65 tahun), segmentasi psikografis
(melalui motivasi dan harapan yang ingin dicapai nasabah) dan segmentasi perilaku
(tanggapan positif dari nasabah perihal pendidikan di masa yang akan datang).
Faktor pendukung produk asuransi hijrah cendekia takaful yaitu dari adanya strategi
promosi yang di lakukan Bank Muamalat KCP Sumenep dapat menumbuhkan
motivasi nasabah yang memiliki kemampuan secara ekonomi dalam menggunakan
produk asuransi hijrah cendekia takaful untuk pendidikan anak di masa yang akan
datang. Faktor penghambat produk asuransi hijrah cendekia takaful yaitu
dipengaruhi oleh minimnya pemahaman masyarakat dan kondisi ekonomi yang
terbatas serta banyaknya lembaga lain yang menawarkan produk yang sama
sehingga menjadi kendala dalam peningkatan produk asuransi hijrah cendekia
takaful Bank Muamalat KCP Sumenep.


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
SITI MAGHFIROH SYAMSUL - Personal Name
Student ID
20201707049
Dosen Pembimbing
Zaid Raya Argantara, M.E - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
. Riskia Putri, M.E - - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
PRODI PERBANKAN SYARIAH
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
SKR.2024
Copyright
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail