EFEKTIFITAS DAN EFESIENSI LAYANAN DIGITAL MELALUI MUAMALAT DIN PADA KELANCARAN TRANSAKSI KEUANGAN NASABAH DI BANK MUAMALAT KCP SUMENEP

Detail Cantuman

Skripsi

EFEKTIFITAS DAN EFESIENSI LAYANAN DIGITAL MELALUI MUAMALAT DIN PADA KELANCARAN TRANSAKSI KEUANGAN NASABAH DI BANK MUAMALAT KCP SUMENEP

XML JSON

ABSTRAK
Alfia Farah Yuliana. 2023. Efektifitas Dan Efesiensi Layanan Digital Melalui
Muamalat DIN Pada Kelancaran Transaksi Keuangan Nasabah Di Bank
Muamalat KCP Sumenep
Pembimbing : Cici’ Insiyah, SE, Sy., ME
Kata Kunci : Efektifitas, Efisiensi, Muamalat DIN, Kelancaran Transaksi
Dunia Perbankan telah mengikuti era digitalisasi. Dengan adanya layanan
digital yang diberikan untuk memudahkan melakukan transaksi berupa
pembayaran non tunai. Salah satu bank yang memberikan layanan digital yaitu
Bank Muamalat KCP Sumenep berupa Muamalat DIN. Bank Muamalat berupaya
mengikuti era digitalisasi untuk melancarkan transaksi para nasabahnya. Suatu
layanan belum dikatakan efektif jika layanan digital tersebut kurang merespon
kebutuhan nasabah dikarenakan nasabah yang belum paham mengoperasikan
digital. Padahal secara umum tugas perbankan melancarkan sistem transaksi.
Layanan digital pun diluncurkan untuk membantu nasabah untuk bertransaksi.
Dengan hal demikian layanan ini ditujukan untuk melihat efektifitas dan efesiensi
layanan digital melaui Muamalat DIN pada kelancaran transaksi nasabah.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana
Efektifitas Nasabah Dengan Adanya Layanan Digital Melalui Muamalat DIN
Pada Kelancaran Transaksi Keuangan di Bank Muamalat KCP Sumenep 2.
Bagaimana Efesiensi Nasabah Dengan Adanya Layanan Digital Melalui
Muamalat DIN Pada Kelancaran Transaksi Keuangan di Bank Muamalat KCP
Sumenep.
Adapun prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Dari prosedur pengumpulan data, kemudian peneliti
mengolah dan menganalisis untuk memperoleh data atau informasi. Adapun
infoman dalam penelitian ini adalah 2 orang nasabah dan 3 karyawan Bank
Muamalat KCP Sumenep. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan
triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa adanya layanan Muamalat DIN
sudah dikatakan efektif dalam memberikan layanan bagi nasabah, hal ini dapat
dilihat dari pemahaman nasabah pada sistem digital dan fitur yang tersedia di
Muamalat DIN sehingga memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi
dimanapun dan kapanpun. Layanan Muamalat DIN juga cukup efisien untuk
digunakan, karena penggunaannya dapat menghemat biaya dan meminimalkan
waktu sehingga memudahkan nasabah dalam bertransaksi secara cepat.


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
ALFIA FARAH YULIANA - Personal Name
Student ID
20201707006
Dosen Pembimbing
Cici’ Insiyah, SE, Sy., ME - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Iqbal Rafiqi S.E.Sy., M.E - - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
PRODI PERBANKAN SYARIAH
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
SKR.2024
Copyright
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail