STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN PELAJAR (SIMPEL) DALAM MENINGKATKAN MINAT MENABUNG (Studi pada BPRS Bhakti Sumekar KCP Bluto)

Detail Cantuman

Skripsi

STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN PELAJAR (SIMPEL) DALAM MENINGKATKAN MINAT MENABUNG (Studi pada BPRS Bhakti Sumekar KCP Bluto)

XML JSON

ABSTRAK
Nurul Khotimah. 2023. Strategi Pemasaran Produk Simpanan Pelajar
(Simpel) Dalam Meningkatkan Minat Menabung
Pada Bprs Bhakti Sumekar Kcp Bluto
Pembimbing : Mujibno, S.Fil.I., M.M,
Kata Kunci : Produk Simpanan Pelajar (SIMPEL)
BPRS Bhakti Sumekar KCP Bluto merupakan salah satu bank yang
memiliki produk simpanan pelajar (SIMPEL). Pada dasarnya produk simpanan
pelajar itu tidak hanya untuk pelajar saja, melainkan juga untuk non pelajar.
Namun, kegiatan menabung sering dijumpai di berbagai lembaga pendidikan.
Sebagaimana hasil observasi peneliti bahwa beberapa lembaga pendidikan di
Kecamatan Bluto yang tidak mewajibkan siswanya untuk menabung sehingga ada
penolakan untuk karyawan BPRS Bhakti Sumekar KCP Bluto dalam
mengunjungi lembaga pendidikan. Ditinjau dari laporan tahunan BPRS Bhakti
Sumekar, minat masyarakat terhadap tabungan siswa jauh lebih rendah dari pada
minat terhadap tabungan barokah. Hal ini menjadi sebuah masalah untuk diteliti
dan dikaji sehingga menjadi sebuah asumsi oleh pihak bank akan adanya strategi
yang tepat untuk siswa agar memiliki minat untuk menabung.
Penelitian ini berangkat dari adanya permasalahan yaitu bagaimana BPRS
Bhakti Sumekar KCP Bluto menerapkan strategi pemasaran simpanan pelajar
untuk meningkatkan minat menabung pada BPRS Bhakti Sumekar KCP Bluto
sehingga terbentuklah dua fokus penelitian ini yaitu : 1. Bagaimana strategi
pemasaran produk simpanan pelajar (SIMPEL) dalam meningkatkan minat
menabung pada BPRS Bhakti Sumekar KCP Bluto. 2. Apa saja faktor pendukung
dan penghambat strategi pemasaran produk simpanan pelajar (SIMPEL) dalam
meningkatkan minat menabung pada BPRS Bhakti Sumekar KCP Bluto.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dan
merupakan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian kualitatif ini yaitu wawancara dengan beberapa
karyawan dan nasabah BPRS Bhakti Sumekar KCP Bluto, observasi dan
dokumentasi, kemudian menganalisis data dengan memilih dan menyederhanakan
data secara selektif serta menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini BPRS Bhakti Sumekar KCP Bluto menerapkan strategi
Marketing Mix yang terdiri dari 4 unsur yaitu :1) Produk (Product). Strategi
produk tabungan SIMPEL dengan meningkatkan kualitas layanan dan keamanan.
2) Harga (Price). Strategi penetapan harga : Pada pembukaan rekening SIMPEL
tidak dipungut biaya dan bebas dari biaya administrasi bulanan, setoran awal
pembukaan rekening SIMPEL yang ringan, hanya Rp.1.000,. 3) Tempat (Place).
Strategi tempat : letak kantor BPRS yang strategis yaitu di jalan SumenepPamekasan di kecamatan Bluto di antara kantor kecamatan dan kantor koramil.
Promosi (Promotion)Strategi promosi : mengadakan sosialisasi kepada target dan
penyebaran brosur baik secara offline ataupun online di berbagai media sosial..
Adapun faktor pendukung dan penghambat pada strategi pemasaran produk
SIMPEL dalam meningkatkan minat menabung bersumber dari dua macam faktor
yaitu faktor internal dan faktor eksternal.


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
NURUL KHOTIMAH - Personal Name
Student ID
20201707063
Dosen Pembimbing
Mujibno, S.Fil.I., M.M - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Zaid Raya Argantara, M.E - - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
PRODI PERBANKAN SYARIAH
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
SKR.2024
Copyright
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail