THESIS
KONSEP PENDIDIKAN ANAK PERSPEKTIF ‘ABDULLĀH NĀṢHIH ‘ULWĀN DALAM KITAB TARBIYATUL AULĀD FI AL-ISLĀM SERTA RELEVANSINYA DENGAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA TAHUN 2023
XML JSON
ABSTRAK
Ainol Yakin. 2024. Konsep Pendidikan Anak Perspektif ‘Abdullāh Nāṣhih
‘Ulwān Dalam Kitab Tarbiyatul Aulād Fi Al-Islām Serta
Relevansinya Dengan Profil Pelajar Pancasila Dalam
Kurikulum Merdeka Tahun 2023
Pembimbing : Dr. KH. Ghozi Mubarok, MA.
Kata Kunci : Pendidikan, Relevansi, Pelajar Pancasila
Pendidikan anak yang diperkenalkan oleh ‘Abdullāh Nāṣhih ‘Ulwān adalah
sebuah rangkaian konsep dalam menjadi pendidik yang menekankan pada nilainilai Islam serta penguatan karakter anak. Dalam penelitian ini konsep yang dibawa
oleh ‘Abdullāh Nāṣhih ‘Ulwān menjadi pokok penelitian, kemudian dihubungkan
dengan profil pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka tahun 2023 yang menjadi
acuan untuk para pendidik dalam membangun karakter serta kompetensi peserta
didik pada lingkungan pendidikan. Tujuannya adalah mencari relevansi keduanya
yang kemudian menganalisa hasil dari penelitian ini untuk diterapkan dalam
lingkungan lembaga-lembaga pendidikan.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian
kajian pustaka. Dengan sumber utama kitab Tarbiyatul Aulād Fi Al-Islām,
sedangakan teknik pengumpulan datanya mengunakan teknik dokumentasi dengan
memanfaatkan sebanyak-banyaknya buku-buku atau literatur yang sudah ada dan
bisa dipertanggung jawabkan. Untuk mempertajam analisis dari metode penelitian
library research, penulis menggunakan teknik analisis isi. Dalam penelitian ini
pemikiran ‘Abdullāh Nāṣhih ‘Ulwān tentang konsep pendidikan anak dapat
disampaikan secara komprehensif kemudian dikembangkan dengan cara
merelevansikan pada penerapan profil pelajar Pancasila dan selanjutnya data-data
tersebut akan ditarik kesimpulan.
Maka hasil dari penelitian yang penulis lakukan menghasilkan kesimpulan
Pendidikan anak menurut pandangan ‘Abdullāh Nāṣhih ‘Ulwān yang terkonsep
dalam kitab Tarbiyatul Aulād fi al-Islām adalah pendidikan yang menitikberatikan
kepada akidah, akhlak dan keteladanan yang baik. Sedangkan Profil pelajar
Pancasila yang berisi enam dimensi yang keseluruhannya mempunyai prinsip
tunggal, yaitu penanaman karakter kepada anak yang disampaikan dengan konsep
tertentu sehingga dapat memudahkan pendidik untuk mempraktikkan langsung
kepada anak didik. Pada dimensi profil pelajar Pancasila tentang beriman, bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia memiliki relasi dengan konsep
pendidikan anak menurut ‘Abdullāh Nāṣhih ‘Ulwān, yaitu cara mendidik dengan
keteladanan dan pembiasaan.
Detail Information
Item Type |
Thesis
|
---|---|
Penulis |
Ainol Yakin - Personal Name
|
Student ID |
20222209018
|
Dosen Pembimbing |
Dr. KH. Ghozi Mubarok, MA - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Dr. mashuri toha, M.Pd - - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi |
Published
|
Departement |
Prodi PAI pascasarjana
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
TS.2024
|
Copyright |
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
|
Doi |