THESIS
STRATEGI PEMASARAN MADRASAH MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENDAFTAR SISWA BARU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 SUMENEP TAHUN 2023
XML JSON
ABSTRACT
ix
Susantin,Herlin.2023,Strategi pemasaran madrasah melalui media sosial dalam
meningkatkan jumlah pendaftarsiswa baru di madrasah ibtidaiyah negeri 2
sumenep Tahun 2023(Studi Kasus di MIN 2 Sumenep). Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana, Institut Dirosat Al-Islamiyah
Al-Amien Prenduan Sumenep Pembimbing: Dr. Wardi, M. Pd.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran Program Pendidikan,media sosial.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya media
sosial, telah memberikan peluang baru bagi lembaga pendidikan untuk memperluas
jangkauan pemasaran mereka.Madrasah Ibtiyadiyah Negeri 2 Sumenep telah
mengadopsi strategi pemasaran melalui media sosial sebagai bagian integral dari
upaya penerimaan siswa baru. Berbagai platform media sosial, seperti Facebook,
Instagram, dan Tictoc, digunakan untuk meningkatkan visibilitas madrasah dan
memberikan informasi yang relevan kepada calon siswa dan orang tua. Selain itu,
ditemukan bahwa interaksi aktif dengan audiens melalui komentar, pesan pribadi, dan
sesi tanya jawab secara online menjadi faktor kunci dalam membangun keterlibatan
dan kepercayaan masyarakat terhadap madrasah.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan bagaimana strategi
pemasaran madrasah dengan memanfaatkan media sosial di MIN 2 Sumenep dalam
meningkatkan jumlah pendaftar peserta didik baru, (2) Memaparkan analisa kontribusi
strategi pemasaran pendidikan berbasis sosial media dalam menambah jumlah
pendaftar siswa baru dalam PPDB di MIN 2 Sumenep, (3) Menjelaskan pendukung
dan hambatan dalam penerapan strategi pemasaran pendidikan berbasis pemanfaatan
medi sosial.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus,
melibatkan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis meliputi
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan.
Berdasarkan proses pengumpulan dan analisis data, peneliti memperoleh
hasil sebagai berikut: (1) Identifikasi kebutuhan program pendidikan yang dilakukan
MIN 2 Sumenep berdasarkan kebutuhan siswa, perkembangan zaman, hasil studi
banding yang dilakukan sekolah, dan saran dari wali (2) Analisis program pendidikan
MIN 2 Sumenep dilakukan bersama dengan kegiatan evaluasi diri madrasah (EDM).
Analisis yang dilakukan meliputi analisis internal dan eksternal. (3) Perencanaan
program pendidikan di MIN 2 Sumenep melalui empat tahap. Tahap pertama menetap
kan visi, misi dan tujuan madrasah, tahap kedua mengembangkan kondisi madrasah da
n tahap ketiga menetapkan visi, misi dan tujuan madrasah.Langkah keempat adalah m
engidentifikasi kekuatan dan kelemahan madrasah, dan selanjutnya adalah membuat re
ncana tindakan.(4) MIN 2 Sumenep menerapkan strategi pemasaran program pendidik
an untuk meningkatkan jumlah pendaftar siswa baru yang digunakan MIN 2 Sumenep
yaitu memaksimalkan strategi pemasaran melalui media sosial
Detail Information
Item Type |
Thesis
|
---|---|
Penulis |
Herlin Susantin - Personal Name
|
Student ID |
20222209047
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Moh. Wardi, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Dr. KH. Muhtadi Abdul Mun’im, MA - - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi |
Published
|
Departement |
Prodi PAI pascasarjana
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
TS.2024
|
Copyright |
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
|
Doi |