THESIS
MANAJEMEN ENTREPRENEURSHIP DALAM PENGELOLAAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN (Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Sumber Baru Al-Falah Desa Dempo Barat Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan Tahun 2022-2023 )
XML JSON
ABSTRAK
Sholihin 2024. Manajemen Entrepreneurship Dalam Pengeloaan
Pembiayaan Pendidikan (Studi Kasus Pada Pondok Pesantren
Sumber Baru Al-Falah Desa Dempo Barat Kecamatan Pasean
Kabupaten Pamekasan Tahun 2022-2023 ).
Pembimbing : Dr. Moh. Wardi, M.Pd.I.
Kata Kunci : Manajemen Entrepreneurship, Pembiayaan Pendidikan
Keberadaan entrepreneurship di pondok pesantren menjadi dinamika
tersendiri bagi studi pesantren dewasa ini. Manajemen entrepreneurship
merupakan upaya pengelolaan usaha dengan melakukan perencanaan,
pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi dengan mengunakan prinsip nilai
pesantren yang bertujuan profit oriented dan sosial oriented, sehingga sisa akhir
usaha (SHU) dari entrepreneurship tersebut dapat menjadi sumber pembiayaan
pendidikan. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis dan menemukan konsep
yang terdiri atas: 1) Perencanaan entrepreneurship Pondok Pesantren Al-Falah
dalam mengembangkan pembiayaan pendidikan, 2) Pelaksanaan entrepreneurship
Pondok Pesantren Al-Falah dalam mengelola pembiayaan pendidikan, 3) Evaluasi
entrepreneurship Pondok Pesantren Al-Falah dalam mengelola pembiayaan
pendidikan, 4) Kontribusi dan dampak entreprenurship Pondok Pesantren AlFalah dalam mengelola pembiayaan pendidikan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi
kasus.Teknik pengambilan data menggunakan wawancara mendalam, observasi
partisipan dan studi dokumentasi. Analisis data meliputi analisis data kasus
tunggal/individu (individual case analysis). Adapun teknik analisis data : Reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data
dilakukan melalui kredibilitas dan dependabilitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Perencanaan yang bersifat
bottom up dengan memfungsikan sumber daya yang dimiliki, sistem perencanaan
yang dilakukan untuk pemasaran produk adalah menggunakan pendekatan
emosional dan pendekatan profesional, untuk rencana keuangan dengan membuat
proyeksi keuangan di awal tahun dan menetapkan modal investasi tiap anggota,
untuk rencana produksi melihat persedian barang berdasarkan data jualan yang
laku dan untuk rencana sumber daya manusia dengan sistem kaderisasi alumni
pondok pesantren Al-Falah menjadi prioritas utama dan kemudian alumni pondok
pesantren manapun. 2) Pelaksanaannya ada lima fokus orientasi: a) Pelaksanaan
program tahunan yang telah ditetapkan dan sedang diimplementasikan, b)
Pemotivasian karyawan dan kinerja organisasi oleh pimpinan, c) Pengembangan
kultur organisasi, d). Penetapan struktur organisasi dan e). Menetapkan anggaran,
3). kegiatan entrepreneurship di pondok Al-Falah melakukan evaluasi
bersifatkontinue setiap mingguan (jika diperlukan), bulanan, atau tahunan
dilakukan dengan mewujudkan pengawasan yang ketat oleh pengawasan
manajemen dan oleh direktur atau yang terkait lainnya. 4) Kontribusi dan dampak
entrepreneurship terhadap pengelolaan pembiayaan pendidikan diantaranya
terpenuhi anggaran dana untuk seluruh program pendidikan, tersedia sarana dan
fasilitas yang modern, adanya pengembangan SDM secara rutin, pemberian
beasiswa kepada santri, terpenuhinya peralatan ATK, dan tersedianya pendidikan
murah secara merata.
Detail Information
Item Type |
Thesis
|
---|---|
Penulis |
Sholihin - Personal Name
|
Student ID |
20222209010
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Moh. Wardi, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Dr. KH. Muhtadi Abdul Mun’im, MA - - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi |
Published
|
Departement |
Prodi PAI pascasarjana
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
TS.2024
|
Copyright |
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
|
Doi |