THESIS
PENANAMAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA ANAK PERKOTAAN DI SDN PAJAGALAN I KECAMATAN KOTA SUMENEP JAWA TIMUR TAHUN 2023
XML JSON
ABSTRAK
xiv
Riadlatul Amalia. 2024. Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama melalui
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Anak
Perkotaan di SDN Pajagalan I Kecamatan Kota
Sumenep Jawa Timur Tahun 2023
Dosen Pembimbing : Dr. H. Musleh, M.Pd.I
Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Moderasi Beragama, Anak
Perkotaan
Menghargai perbedaan merupakan salah satu bentuk dari pribadi yang baik.
Implementasi dari adab seseorang. Adab merupakan bagian dari sesuai yang ingin
dicapai dalam pendidikan. Bahkan adab itu sendiri adalah makna dari pendidikan
itu sendiri yang bisa dimaknai dengan menanamkan adab kepada manusia.
Lembaga pendidikan berperan penting dalam menjadikan peserta didik,
sebagai anggota masyarakat, beradab ataupun berakhlak mulia. Mendidik peserta
peserta didik haruslah dilakukan sejak dini dalam pendidikan usia dini.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) merupakan salah satu
materi Pendidikan yang diajarkan di sekolah dasar. Termasuk di SDN Pajagalan I
Sumenep yang berada di perkotaan memiliki peserta didik yang majemuk, baik
dari sisi agama ataupun dari latar belakang budaya.
Penelitian ini berupaya mengungkap bagaiman penanaman dan implikasi
nilai-nilai moderasi beragama bagi anak perkotan di SDN Pajagalan I Sumenep.
Selain itu penelitian ini berupaya mengungkap faktor pendukung dan
penghambatnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, studi kasus. Dengan
sumber data berasal dari guru, siswa dan wali siswa non muslim. Pengumpulan
data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data tersebut
dianalisa menggunakan analisa model interaktif. Pengecekan keabsaan data
dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, triangulasi dan pengecekan hasil
kepada guru PAIBP di sekolah. Hasil penelitian dianalisa dengan teori moderasi
beragama M. Quraish Shihab dan Lukman Hakim Saifuddin.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa penanaman nilai-nilai moderasi
beragama dilakukan dengan pembelajaran PAIBP bermuatan moderasi beragama,
pembiasaan oleh guru di dalam dan luar kelas dan kegiatan keagamaan sekolah.
nilai yang dominan ditanamkan adalah toleransi beragama. Penanaman nilai-nilai
moderasi beragama ini berimplikasi pada terciptanya cinta Indonesia dan
komitmen kebangsaan, terciptanya toleransi dan kerukunan beragama, anti
kekerasan dan sekolah menjadi kondusif, serta akomodatif terhadap budaya lokal
Sedangkan faktor yang mendukung penanaman nilai-nilai moderasi
beragama di sekolah ini adalah dengan adanya peran dan dukungan dari warga
sekolah, baik guru, siswa dan wali siswa. Selain itu, adanya materi pelajaran
khusus tentang nilai-nilai moderasi beragama terutama tentang toleransi beragama
sangat. Sedangkan faktor yang menghambat dalam proses penanaman nilai-nilai
moderasi beragama di sekolah ini adalah kurang maksimalnya sarana pendukung
dan kemajuan teknologi informasi yang tidak tersaring sempurna.
Detail Information
Item Type |
Thesis
|
---|---|
Penulis |
Riadlatul Amalia - Personal Name
|
Student ID |
20222209027
|
Dosen Pembimbing |
Dr.H. Musleh M. Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Dr. Yu far Ramadhan M.Pd.I - - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi |
Published
|
Departement |
Prodi PAI pascasarjana
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
TS.2024
|
Copyright |
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
|
Doi |