IMPLEMENTASI KURIKULUM EDUPRENEUR PADA PERGURUAN TINGGI BERBASIS PESANTREN DI INSTITUT DIROSAT ISLAMIYAH AL-AMIEN PRENDUAN TAHUN 2023

Detail Cantuman

THESIS

IMPLEMENTASI KURIKULUM EDUPRENEUR PADA PERGURUAN TINGGI BERBASIS PESANTREN DI INSTITUT DIROSAT ISLAMIYAH AL-AMIEN PRENDUAN TAHUN 2023

XML JSON

ABSTRAK
Nur Hasanah, 2023, Implementasi Kurikulum Edupreneur Pada Perguruan
Tinggi Berbasis Pesantren Di Institut Dirosat Islamiyah Al-amien
(IDIA) Prenduan Tahun 2023.
Pembimbing : Dr. Moh. Wardi, M.Pd.I
Kata Kunci : Implementasi, Kurikulum, Edupreneur, Perguruan Tinggi,
Pesantren.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sejauh mana implemantasi
kurikulum Edupreneur pada perguruan tinggi berbasis pesantren di IDIA
Prenduan Sumenep tahun 2023.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Reseach) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif (qualitative approach) melalui instrumen
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data ini bersifat
deskripstif dengan menggunakan model Miles dan Huberman melalui tiga alur
kegiatan, yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Strukutur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang
harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Struktur
kurikulum edupreneur terdiri dari beberapa mata kuliah yang relevan dengan
kurikulum Edupreneur meliputi ; Kewirausahaan Pendidikan, Inovasi Pendidikan
Islam, Entrepreneur dan Desain Grafis.
Implementasi kurikulum edupreneur di IDIA Prenduan dimulai dari
pemberian materi pada proses pembelajaran. Langkah berikutnya adalah
pelaksanaan praktikum, di mana mahasiswa diminta untuk menerapkan teori yang
mereka pelajari di kelas. Ada beberapa kesempatan di mana mahasiswa program
peminatan edupreneur melakukan praktikum, seperti dalam event Apel Tahunan
Al-Amien, wisuda dan acara bazar yang bertempat di Taman Jati Lokanalar.
Dampak implementasi kurikulum pada profil lulusan dapat dilihat dari
output dan outcomenya. Dengan kurikulum yang baik lulusan akan memiliki
pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan persyaratan industri akan lebih
siap untuk bekerja. Lulusan yang memiliki kemampuan untuk berpikir kritis,
kreatif, dan inovatif akan lebih mandiri dalam menghadapi tantangan hidup.
Kurikulum yang baik akan memberi mahasiswa pengetahuan yang luas dan
mendalam, yang dapatberupa pengetahuan umum, akademik, maupun praktis.
Dengan kurikulum yang baik, mahasiswa akan dididik untuk menjadi pekerja
keras, pantang menyerah, kreatif, inovatif dan bertanggung jawab. Adapun
outcomenya mahasiswa akan mempunyai kesiapan kerja. Dalam hal ini lulusan
yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan persyaratan
industri akan lebih siap untuk bekerja. Lulusan yang memiliki kemampuan untuk
berpikir kritis, kreatif, dan inovatif akan lebih mandiri dalam menghadapi
tantangan hidup


Detail Information

Item Type
Thesis
Penulis
NUR HASANAH - Personal Name
Student ID
20222209012
Dosen Pembimbing
Dr. Moh. Wardi, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Prodi PAI pascasarjana
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
TS.2024
Copyright
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail