STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN UNIT USAHA DI INSTITUT DIROSAT ISLAMIYAH AL-AMIEN PRENDUAN SUMENEP MADURA 2023

Detail Cantuman

THESIS

STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN UNIT USAHA DI INSTITUT DIROSAT ISLAMIYAH AL-AMIEN PRENDUAN SUMENEP MADURA 2023

XML JSON

ABSTRAK
Qonitah Hafidzah, 2024. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dan
Pengembangan Unit Usaha di Institut Dirosat
Islamiyah Al-Amien Prenduan, Sumenep Madura
2023
Pembimbing : Dr. Moh. Wardi, M. Pd.I
Kata Kunci : Strategi, pemasaran, jasa pendidikan, pengembangan, unit usaha.
Strategi pemasaran jasa pendidikan dan pengembangan unit usaha
merupakan dua konsep berbeda namun memiliki tujuan yang sama yaitu untuk
meningkatkan perguruan tinggi. Jika ditinjau tingkat menariknya sebuah kasus,
maka penelitian ini cukup menarik karena Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien
Prenduan bisa bertahan sampai 40 tahun dengan pembiayaan SPP yang lumayan
murah, dengan menjadikan unit usaha sebagai sumber pendanaan tambahan.
Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan strategi pemasaran jasa
pendidikan perguruan tinggi di Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan,
mengembangkan strategi pengembangan unit usaha di Institut Dirosat Islamiyah
Al-Amien Prenduan, mengembangkan kontribusi pemasaran jasa pendidikan dan
pengembangan unit usaha pada Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan
menggunakan grounded theory, yaitu: open coding / pengodean terbuka, Axial
coding / pengodean berproses dan Selective coding / pengodean selektif. Dalam
pemasaran jasa pendidikan peneliti menggunakan teori bauran pemasaran,
sedangkan dalam pengembangan unit usaha menggunakan strategi pengembangan
Fred R David
Strategi pemasaran jasa pendidikan di IDIA adalah dengan menggunakan
pemberian produk layanan, humanisasi harga, lokasi strategis, promosi
pemasaran, peningkatan SDM, layanan sarana prasarana, dan manajemen layanan.
Sedangkan dalam strategi pengembangan unit usaha IDIA Hasil dari analisis data
QSPM pada unit usaha fotocopy IDIA menunjukkan bahwa alternatife strategi
yang dapat dilakukan dalam meningkatkan unit usaha adalah : strategi
pengembangan pasar, dan strategi integrasi ke depan. Adapun alternatife strategi
yang dapat dilakukan dalam mengembangkan unit usaha ayam petelur adalah
dengan melakukan strategi pengembangan pasar dan strategi integrasi ke
belakang. Kontribusi pemasaran jasa pendidikan kepada IDIA adalah : dapat
meningkatkan jumlah mahasiswa baru, menambah kepuasan dan keloyalaitasan
pelanggan, peningkatan citra IDIA, serta pengembangan mutu pendidikan.
Adapun kontribusi pengembangan unit usaha di IDIA adalah : pengembangan
inofasi produk, beasiswa kuliah bagi karyawan, menambah kesejahteraan
karyawan dan dosen, serta menambah pembiayaan IDIA.


Detail Information

Item Type
Thesis
Penulis
QONITAH HAFIDZAH - Personal Name
Student ID
20222209015
Dosen Pembimbing
Dr. Moh. Wardi, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Prodi PAI pascasarjana
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
TS.2024
Copyright
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail