THESIS
PROFESIONALITAS GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (KAJIAN PEMIKIRAN M. QURAISH SHIHAB)
XML JSON
ABSTRAK
Khoirul Umam: “Profesionalitas Guru dan Tenaga Kependidikan (Kajian
Pemikiran M. Quraish Shihab)”. Tesis Program Studi Magister
Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Institut Dirosat Islamiyah AlAmien Prenduan Sumenep Madura, 2024. Dosen Pembimbing: KH. Dr.
Muhtadi Abdul Mun’im, MA.
Kata Kunci : Profesionalitas, Guru, Tenaga Kependidikan
Di Indonesia kualitas guru dan tenaga kependidikan masih tergolong
relatif rendah. Hal ini antara lain disebabkan karena kurangnya perhatian
pemerintah terhadap profesionalitas guru dan tenaga kependidikan, serta tidak
terpenuhinya kualifikasi pendidikan minimal. Fakta yang terjadi dalam dunia
pendidikan baik sekolah yang ada di kampung maupun di kota besar, terjadi
ketimpangan dalam hal penerapan dan fungsi profesional seorang guru dan tenaga
kependidikan. Oleh karena itu, guru dan tenaga kependidikan juga perlu menjadi
professional, karena peran mereka sangat penting dalam membentuk dan
mendukung pengembangan peserta didik secara holistik.
Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan pemikiran M.
Quraish Shihab tentang profesionalitas guru dan tenaga kependidikan, yang
diambil sampel dari berbagai macam referensi dari hasil karyanya yang tersirat
makna sesuai konteks penelitian ini. Menurutnya, guru dan tenaga kependidikan
yang profesional memiliki beberapa kompetensi diantaranya; pedagogik,
kepribadian, profesional, serta sosial.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dan
termasuk dalam kategori penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif
(descriptive research). Metode berpikir yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode deduktif yaitu mengumpulkan, dan menelaah makna-makna serta
simbol-simbol dalam ayat-ayat al-Qur’an tentang rumusan profesionalitas guru
dan tenaga kependidikan. Kemudian penelitian ini melewati beberapa langkah
analisis data mulai dari reduksi data (data reduction), penyajian data (data
display), serta verifikasi dan kesimpulan (conclusions drawing).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi profesionalitas guru
dan tenaga kependidikan dalam konsep pemikiran M. Quraish Shihab dapat
dilakukan melalui upaya membangun kompetensi guru yang profesional berbasis
nilai-nilai Islami, mencapai kualifikasi dan kompetensi yang dipersyaratkan,
membangun kesejawatan yang baik dan luas termasuk lewat organisasi profesi,
mengembangkan etos kerja atau budaya kerja yang mengutamakan pelayanan, dan
mengadopsi inovasi atau mengembangkan kreativitas dalam pemanfaatan
teknologi komunikasi dan informasi mutakhir.
Detail Information
Item Type |
Thesis
|
---|---|
Penulis |
KHOIRUL UMAM - Personal Name
|
Student ID |
2022.22.09.016
|
Dosen Pembimbing |
KH. Dr. Muhtadi Abdul Mun’im, MA. - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Dr. Moh. Wardi, M.Pd.I - - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi |
Published
|
Departement |
Prodi PAI pascasarjana
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
TS.2024
|
Copyright |
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
|
Doi |