IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MURID DI SMP NEGERI 1 PRAGAAN KECAMATAN PRAGAAN KABUPATEN SUMENEP MADURA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Detail Cantuman

THESIS

IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MURID DI SMP NEGERI 1 PRAGAAN KECAMATAN PRAGAAN KABUPATEN SUMENEP MADURA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

XML JSON

ABSTRAK
Halili Susanto : Implementasi Merdeka Belajar Pada Pembelajaran PAI dan
Budi Pekerti Dalam Meningkatkan Kreativitas Murid Di
SMP Negeri 1 Pragaan Kecamatan Pragaan Kabupaten
Sumenep Madura Tahun Pelajaran 2023/2024.
Pembimbing : Dr.KH.Musleh,M.Pd.I.2024
Kata Kunci : Merdeka Belajar,Pembelajaran berdiferensiasi, Kreativitas
Murid
Penelitian dilakukan untuk mengetahui implementasi merdeka belajar
pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam meningkatkan kreativitas
murid di SMP Negeri 1 Pragaan. Kebijakan merdeka belajar merupakan
gagasan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan,Ristek dan Dikti
Nadiem Makarim (2019-2024) dalam rangka memperbaiki sistem
pendidikan nasional. Konsep merdeka belajar merupakan upaya untuk
mewujudkan kebebasan dalam berfikir murid.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pragaan dengan jenis
penelitian yaitu kualitatif deskriptif serta menggunakan studi lapangan.
Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan implementasi
merdeka belajar sekolah melakukan koordinasi, pelibatan semua warga
sekolah. Dengan implementsi merdeka belajar menunjukkan bahwa proses
pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Pragaan telah
melakasanakan pembelajaran dan asesmen berdifensiasi dan berdampak
baik terhadap peningkatan kreativitas murid, menjadikan pembelajaran PAI
dan Budi Pekerti lebih menyenangkan, berkualitas dan bermakna, karena
dengan implementasi merdeka belajar murid memiliki kemampuan berfikir
kritis, memiliki kepekaan emosi, berbakat dan memiliki daya imajinasi yang
tinggi.
Disamping itu juga hasil penelitian menunjukkan bahwa ada
beberapa hambatan untuk mengimplementasikan merdeka belajar di SMP
Negeri 1 Pragaan. Hal ini disebabkan oleh murid yang malas,kurangnya
tempat atau lapangan untuk praktek maupun latihan rutin. kurangnya
pengalaman guru dalam menerapkan pembelajaran berdeferensiasi; dan
beberapa guru tetap menggunakan gaya mengajar yang tidak
memerdekakan siswa.
Setelah penelitian ini dilakukan masih memerlukan umpan balik dari
teman-teman sejawat,akademisi maupun praktisi serta peneliti berharap
penelitian ini dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan
mengatasi masalah pendidikan khusus di SMP Negeri 1 Pragaan.


Detail Information

Item Type
Thesis
Penulis
HALILI SUSANTO - Personal Name
Student ID
20222209011
Dosen Pembimbing
Dr.H.Musleh,M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Dr.Moh.Wardi,M.Pd.I - - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Prodi PAI pascasarjana
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
TS.2024
Copyright
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail