THESIS
IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MURID DI SMP NEGERI 1 PRAGAAN KECAMATAN PRAGAAN KABUPATEN SUMENEP MADURA TAHUN PELAJARAN 2023/2024
XML JSON
ABSTRAK
Halili Susanto : Implementasi Merdeka Belajar Pada Pembelajaran PAI dan
Budi Pekerti Dalam Meningkatkan Kreativitas Murid Di
SMP Negeri 1 Pragaan Kecamatan Pragaan Kabupaten
Sumenep Madura Tahun Pelajaran 2023/2024.
Pembimbing : Dr.KH.Musleh,M.Pd.I.2024
Kata Kunci : Merdeka Belajar,Pembelajaran berdiferensiasi, Kreativitas
Murid
Penelitian dilakukan untuk mengetahui implementasi merdeka belajar
pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam meningkatkan kreativitas
murid di SMP Negeri 1 Pragaan. Kebijakan merdeka belajar merupakan
gagasan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan,Ristek dan Dikti
Nadiem Makarim (2019-2024) dalam rangka memperbaiki sistem
pendidikan nasional. Konsep merdeka belajar merupakan upaya untuk
mewujudkan kebebasan dalam berfikir murid.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pragaan dengan jenis
penelitian yaitu kualitatif deskriptif serta menggunakan studi lapangan.
Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan implementasi
merdeka belajar sekolah melakukan koordinasi, pelibatan semua warga
sekolah. Dengan implementsi merdeka belajar menunjukkan bahwa proses
pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Pragaan telah
melakasanakan pembelajaran dan asesmen berdifensiasi dan berdampak
baik terhadap peningkatan kreativitas murid, menjadikan pembelajaran PAI
dan Budi Pekerti lebih menyenangkan, berkualitas dan bermakna, karena
dengan implementasi merdeka belajar murid memiliki kemampuan berfikir
kritis, memiliki kepekaan emosi, berbakat dan memiliki daya imajinasi yang
tinggi.
Disamping itu juga hasil penelitian menunjukkan bahwa ada
beberapa hambatan untuk mengimplementasikan merdeka belajar di SMP
Negeri 1 Pragaan. Hal ini disebabkan oleh murid yang malas,kurangnya
tempat atau lapangan untuk praktek maupun latihan rutin. kurangnya
pengalaman guru dalam menerapkan pembelajaran berdeferensiasi; dan
beberapa guru tetap menggunakan gaya mengajar yang tidak
memerdekakan siswa.
Setelah penelitian ini dilakukan masih memerlukan umpan balik dari
teman-teman sejawat,akademisi maupun praktisi serta peneliti berharap
penelitian ini dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan
mengatasi masalah pendidikan khusus di SMP Negeri 1 Pragaan.
Detail Information
Item Type |
Thesis
|
---|---|
Penulis |
HALILI SUSANTO - Personal Name
|
Student ID |
20222209011
|
Dosen Pembimbing |
Dr.H.Musleh,M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Dr.Moh.Wardi,M.Pd.I - - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi |
Published
|
Departement |
Prodi PAI pascasarjana
|
Kontributor |
Dr.Ach.Nurholis Majid,S.Sos.I,M.Pd - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
TS.2024
|
Copyright |
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
|
Doi |