THESIS
STRATEGI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEWUJUDKAN KARAKTER ENTERPRENEURSHIP SISWA (STUDY KASUS DI SMK MIFTAHUL ULUM DAN-DAN PRAGAAN DAYA PRAGAAN SUMENEP TAHUN 2023-2024)
XML JSON
ABSTRAK
Ach. Baikuni 2024 Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Mewujudkan
Karakter Enterpreneurship Siswa ( Study Deskriptif Di
SMK Miftahul Ulum Dan-Dan Pragaan Daya Pragaan
Sumenep Tahun 2023 )
Pembimbing Dr. KH. Muhtadi Abd Mun’im, MA
Kata Kunci Strategi, Karakter Enterpreneurship
Pendidikan dan perubahan zaman merupakan dua sisi yang semestinya
berjalan beriringan. Zaman berubah karena semakin tingginya pendidikan manusia
dan sebaliknya, perubahan zaman mendorong terjadinya perubahan dalam
pendidikan. Sehingga salah satu hal yang dituju kemudian adalah bagaimana agar
pelaku pendidikan siap menghadapi globalisasi. Sangat menarik untuk di ketahui
bersama, dilingkup pendidikan Islam, yang terletak disebuah desa yang sangat jauh
dari keramaian kota, mampu mendirikan sebuah sekolah SMK Miftahul Ulum
berfokus bidang studi tata niaga, program keahlian bisnis dan manajemen,
kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran dengan tujuan untuk menggali
keilmuan para santri di dalam dunia wirausaha.Adapun rumusan masalah yang
diangkat dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Strategi Lembaga Pendidikan
Islam dalam Mewujudkan Karakter Enterpreneurship Siswa di SMK Miftahul
Ulum? (2) Bagaimana Implikasi Strategi Lembaga Pendidikan Islam di SMK
Miftahul Ulum dalam Mewujudkan Karakter Enterpreneurship Siswa? (3) Apa saja
Tantangan Lembaga Pendidikan Islam dalam Mewujudkan Karakter
Enterpreneurship Siswa di SMK Miftahul Ulum?
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang
tidak menggunakan perhitungan dengan jenis penelitian lapangan (Field Research).
Sedangkan pengumpulan datanya menggunakan Observasi, Wawancara Dan
Dokumentasi. Analisis data penulis menggunakan Miles, Huberman dan Saldana
yaitu Kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan Proses Pendidikan Islam dalam Mewujudkan
Karakter Enterpreneurship Siswa di SMK Miftahul Ulum dapat dilihat dari
pengintegrasian antara teori dan praktek, untuk mewujudkan karakter unterpreuner
siswa mengadakan event enterpreuner di sekolah dan mengikutkan siswa kepada
kegiatan enterpreuner di luar sekolah. Sedangkan implikasi pembelajaran
kewirausahaan di sekolah kejuruan mengutamakan kerjasama dengan perusahaanperusahaan agar sekolah mempunyai indikator dan siswa tahu pengalam berkerja
dengan Perusahaan. Adapun Tantangan tenaga pendidik yakni terus berusaha untuk
memupuk rasa percaya diri siswa akan kemampuannya serta terus meningkatkan
komptensi siswa dan membiasakan siswa untuk selalu kreativ pada era disrupsi
seperi sekarang ini serta terus berusaha melepaskan ide bisnis dan peluang bisnis
yang ada di benak mereka.
Detail Information
Item Type |
Thesis
|
---|---|
Penulis |
ACH. BAIKUNI - Personal Name
|
Student ID |
20222209037
|
Dosen Pembimbing |
Dr. KH. Muhtadi Abdul Mun’im, MA - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Dr. Ikhwan amalih, M.fil.I - - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi |
Published
|
Departement |
Prodi PAI pascasarjana
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
TS.2024
|
Copyright |
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
|
Doi |