THESIS
IMPLEMENTASI PROGRAM WAJIB BELAJAR PENDIDIKAN DINIYAH DI SMP NEGERI I SUMENEP TAHUN 2023-2024 M.
XML JSON
ABSTRAK
Asy’ari, 2024. Implementasi Program Wajib Belajar Pendidikan Diniyah di
SMP Negeri I Sumenep Tahun 2023-2024 M.
Pembimbing : Dr. K.H. Muhtadi Abd. Mun’im, M.A
Kata Kunci : Implementasi, Program wajib diniyah
Krisis moral dalam sektor pendidikan menjadi permasalahan yang sangat
mendesak di Indonesia, termasuk di kabupaten Sumenep. Tanda-tanda demoralisasi
berbagai bentuk terus terjadi tanpa memandang usia atau jenis kelamin, mencakup
permasalahan narkoba, perilaku seksual yang tidak terkontrol, konsumsi minuman
beralkohol, tindakan kriminal, bahkan kasus terbaru yang mengejutkan, yakni
perlawanan siswa terhadap seorang guru dengan tindakan yang sulit diterima secara
logika dan sesuai dengan norma-norma yang seharusnya ditanamkan dalam dunia
pendidikan. Etika dan moralitas seringkali menjadi hal yang terabaikan di
lingkungan pendidikan, sehingga proses belajar-mengajar di dalam kelas tanpa
disadari malah berkontribusi pada pengasingan diri siswa dari nilai-nilai moral yang
seharusnya membentuk karakter mereka sebagai individu yang bermoral.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian dibagi menjadi tiga fokus, yaitu
Bagaimanakah perumusan kebijakan program wajib belajar pendidikan diniyah di
SMPN 1 Sumenep, Bagaimanakah implementasi kebijakan program wajib belajar
pendidikan diniyah di SMPN 1 Sumenep serta Bagaimanakah evaluasi kebijakan
program wajib belajar pendidikan diniyah di SMPN 1 Sumenep.
Untuk mengetahui lebih dalam tentang program wajib diniyah ini, maka
peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif lapangan. Dengan
menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian
ini diambil dari kepala sekolah, koordinator, bendahara, admin, 3 guru, dan 2 siswa
program wajib diniyah SMP Negeri 1 Sumenep. Untuk keabsahan data peneliti
menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu.
Perumusan kebijakan program wajib belajar pendidikan diniyah di SMP
Negeri 1 Sumenep dilatar belakangi dari minimnya pemahaman agama serta
keprihatinan krisis moral pada remaja. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan
karakter relegius siswa. Pihak yang terlibat dalam perumusan tersebut di antaranya
kepala sekolah, komite, guru dan wali murid. Implementasi kebijakan ini
dilakasanakan pada hari sabtu pukul 09:30 sampai 11:30 WIB dengan
menggunakan tipe C yaitu melaksanakan mandiri di sekolah. Menggunakan
kurikulum dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep yang terdiri dari mata
pelajaran Al-Quran Hadits, Fiqih, Akidah Akhlak, dan SKI. Anggran untuk
program ini berasal dari pemerintah kabupaten Sumenep dan infaq siswa. Proses
evaluasi melibatkan pertemuan dengan kepala sekolah, guru, komite, dan orang tua
siswa. Evaluasi PERDA dilakukan melalui pertemuan akhir semester dengan
kepala sekolah dan koordinator program wajib diniyah tingkat SMP yang diadakan
oleh Dinas Pendidikan Sumenep. Indikator yang dinilai meliputi tingkat
pemahaman siswa melalui evaluasi formatif dan sumatif, tingkat kehadiran dan
partisipasi siswa, serta perkembangan karakter relegius siswa
Detail Information
Item Type |
Thesis
|
---|---|
Penulis |
Asy’ari - Personal Name
|
Student ID |
20222209002
|
Dosen Pembimbing |
Dr. KH. Muhtadi Abd. Mun’im, MA - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Dr. Moh. Wardi, M.Pd.I - - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi |
Published
|
Departement |
Prodi PAI pascasarjana
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
TS.2024
|
Copyright |
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
|
Doi |