EFEKTIVITAS PENGAMALAN NILAI-NILAI FUN GSI ONAL THAHARAH BAGI SIS\VA (Studi Kasus Di MI Nurul Anwar Sumber Pandan Prenduan) Sumenep Madura Tahon Ajaran 2023-2024ra

Detail Cantuman

THESIS

EFEKTIVITAS PENGAMALAN NILAI-NILAI FUN GSI ONAL THAHARAH BAGI SIS\VA (Studi Kasus Di MI Nurul Anwar Sumber Pandan Prenduan) Sumenep Madura Tahon Ajaran 2023-2024ra

XML JSON

ABSTRAK
Annisyah. 2024. Efektivitns Pengamalau Nilai-Nilai Fungsionnl Tlw/wral,
Bagi Siswa (Studi Kasns Di 1'11 Nurul Amrnr
Snmbrr Pandan Prenduan).
Pembimbing
Kata Kunci
: KH. Musleh Wahid. M.Pd
: Efektivitns, Pengamalnn. Tlralwrah Siswn
Efektivitas suatu pengamalan nilai-nilni fongsionnl T/ialzarah menarik
untulc dikaji, dibicarakan serta diterapkan dalam segala bentuk kegiatan apapun baik
itu bersifat duniawi ataupun ukhrowi. Banyak diantarn kita, lembaga atau diti pribadi
yang berusaha untuk mengamalkan suatu pengamalan dari nilai-nilai fungsional
khususnya dalam hal ini penerapan Tha/,aral, kedalam kehidupan
sehari-hari. Begitu halnya lembaga MI Nurul Anwar Sun1ber Pandan Prenduan
sebagai lembaga yang hidup di lingl.'Ungan masyarakat.
Penelitian ini rnenunjukkan adanya efektivitas pengamalan nilai-nilai fungsional
Thaharah bagi siswa di MI Nurnl Anwar Sumber Pandan Prenduan. Kernudian dengan
adanya pengamalan nilai-nilai fungsional T/ia/,aral, bagi siswa, dapat memunculkan
sikap bersih, rapih, dan teratur dala.m kehidupan sehari-hari, baik secara jasmani
maupun rohani serta memiliki tanggung jawab pada diri-sendiri untuk menjaga
kebersihan lingkungan dirunmh maupun disekolah.
Untuk mengetahui efektivitas pengamalan nilai-nilai fungsional Tliaharah bagi
siswa, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus.
Adapun metode yang digunakan dalam mengurnpulkan data adalah metode wawancara,
observasi dan dokwnentasi. Dali metode ini, kemudian peneliti olah dan analisis
untuk memperoleh data atau informasi. Untulc keabsahan data, peneliti mernilih
triangulasi dengan dua cara yaitu triangulasi s11n1ber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa di MI Nurul
Anwar Prenduan memahami dan menerapkan nilai-nilai fungsional Thaharah dalam
kehidupan sehari-hari, tennasuk kebersihan, kesehatan, ketertiban, dan kedisiplinan.
Metode pembelajaran yang digunakan melibatkan praktek langsung dan penggunaan
media interaktif, yang mendukuug pemahaman siswa. Pengajaran ini memberikan
dampak positif pada perilaku siswa, seperti menjaga kebersihan dan menjalankan
ibadah dengan khusyuk. Pendekatan ini juga sejalan dengan teori experiential
learning, yang menekankan pada pengalaman belajar langsung melalui praktek


Detail Information

Item Type
Thesis
Penulis
ANNISYAH - Personal Name
Student ID
(202222090S 3
Dosen Pembimbing
Dr.H. Musleh M. Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Dr. Moh. Wardi, M.Pd.I - - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Prodi PAI pascasarjana
Kontributor
Dr. Muhammad Fattah - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
TS.2024
Copyright
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail