STUDI DESKRIPTIF IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AQIDAH-AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MTs HIDAYATUT THALIBIN SASAR KAPEDI BLUTO SUMENEP MADURA TAHUN 2023

Detail Cantuman

THESIS

STUDI DESKRIPTIF IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AQIDAH-AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MTs HIDAYATUT THALIBIN SASAR KAPEDI BLUTO SUMENEP MADURA TAHUN 2023

XML JSON

ABSTRAK
Abdullah Affas, 2024. Studi Deskriptif Implementasi Pembelajaran
Aqidah-Akhlak Dalam Pembentukan Karakter
Religius Siswa MTs Hidayatut Thalibin Sasar
Kapedi-Bluto Sumenep.
Pembimbing : Dr. KH. Muhtadi Abdul Mun’im MA
Kata Kunci : Pembelajaran, Aqidah Akhlak, Karakter Religius
Penelitian ini dilatarbelakangi pembentukan karakter religius siswa di
Madrasah Tsanawiyah melalui pembelajaran Aqidah Akhlak karena Proses
pembelajaran Aqidah Akhlak adalah suatu poses yang mengupayakan adanya
perubahan tingkah laku maupun pengetahuan melalui interaksi antara guru dan
siswa di kelas, merencanakan pengembangan karakter yang baik. Pentinya
penelitian ini karena pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah sangatlah
penting, karena hal ini berhubungan dengan pembentukan karakter religius
siswa melalui pemahaman aqidah, keimanan dan kepercayaan kepada Allah
dengan sebenarnya melalui pembiasaan dan perbuatan sehari-hari. Karena
seseorang dengan Aqidah yang benar akan mencerminkan Akhlak yang benar
dan lurus, dan sebaliknya orang yang lemah Aqidahnya akan lemah pula
Akhlaknya.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.
Sumber data diperoleh dari Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, Guru Aqidah
Akhlak, siswa MTs Hidayatut Thalibin. Adapun metode pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data
dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Sedangkan teknik yang digunakan untuk mengecek keabsahan data adalah
triangulasi sumber dan trianggulasi metode
Hasil penelitian ini, Implementasi pembelajaran Aqidah Akhlak dalam
pembentukan karakter religius siswa MTs Hidayatut Thalibin menggunakan
metode keteladanan, pembiasaan. Dampak Pembelajaran Aqidah Akhlak Siswa
MTs Hidayatut Thaibin adalah keteladanan guru (pembentukan sikap ,
keyakinan dan komitmen siswa), terciptanya hubungan harmonis antar warga
madrasah, mementingkan akhlak yang baik melalui pembiasaan aktivitas
keagamaan. Nilai-Nilai Religius yang diterapkan di Mts Hidayatut Thalibin
Nilai-nilai Ilahiah dan nilai-nilai Insaniyah. Nilai-Nilai Religius yang diterapkan
di Mts Hidayatut Thalibin yaitu:. a. Nilai-nilai Ilahiah : Syukur, Tawakkal,
Iman, Islam, Ihsan b. Nilai-nilai Insaniyah : husnudzonni, Silaturrahim,
Amanah, Tawaduk, Iffah (menjaga diri)


Detail Information

Item Type
Thesis
Penulis
ABDULLAH AFFAS - Personal Name
Student ID
20222209013
Dosen Pembimbing
Dr. KH. Muhtadi Abdul Mun’im MA - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Dr.H. Musleh M. Pd.I - - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Prodi PAI pascasarjana
Kontributor
Dr. Muhammad Fattah - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
TS.2024
Copyright
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail