Skripsi
Konsep Pendidikan Rah}Matan Lil ‘A>Lami>N Perspektif Fethullah Gülen dan Relevansinya Dalam Pendidikan Pesantren
XML JSON
ABSTRAK
Lala Olivia, 2023. :
Konsep Pendidikan Rah}Matan Lil ‘A>Lami>N
Perspektif Fethullah Gülen dan Relevansinya Dalam
Pendidikan Pesantren
Pembimbing :
Dr. Ach. Nurholis Majid, M,Pd.
Kata Kunci :
Fethullah Gülen, Pendidikan rah}matan lil ‘a>lami>n,
Pendidikan Pesantren
Konfilk sosial yang seringkali terjadi di Indonesia banyak disebabkan oleh isu
agama dan etnis. Pendidikan Islam dipercaya sebagai media untuk mengatasi
konflik sosial dengan kontribusi positif bagi masyarakat melalui penanaman nilainilai moral. Namun pada kenyataannya pendidikan Islam belum mampu
memberikan solusi yang signifikant terhadap konflik sosial yang sering terjadi di
Indonesia , alih-alih pendidikan dianggap solusi, beberapa lembaga pendidikan
menjadi laboratorium radikalisme yang berujung pada terorisme. Untuk mengatasi
hal mengatasi problematika tersebut, Fethullah Gulen dengan konsep pendidikan
rah}matan lil 'a>lami>n. menjadikan pendidikan sebagai alat untuk mewujudkan
perdamain dan kemajuan global serta mengekang ekrimisme. Untuk itu, penelitian
ini bertujuan menganalisis dan menemukan; (1). Konsep pendidikan rah}matan lil
'a>lami>n perspektif Fehullah Gulen (2). Relevansinya dalam pendidikan
pesantren.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif denga jenis studi Pustaka.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kartu data. Hasil data
di analisis dengan analisis data interaktif: (1). kondensasi data, (2) penyajian data,
dan (3) kesimpulan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan
Kategorisasi data.
Hasil penelitian ini menujukan adanya relevansi antara pendidikan
pesantren dan pendidikan rah}matan lil 'a>lami>n. Ditemukan konsep pendidikan
rah}matan lil 'a>lami>n terdiri dari beberapa komponen, antara lain (1) falsafah,
(2) dasar, (3) sistem (4) materi (5) tujuan. Sementara itu, yang ditemukan dari
relevansi pendidikan pesantren dan pendidikan rah}matan lil 'a>lami>n terletak
pada sistem pendidikan pesantren yang terdiri dari (1) Sistem pendidikan Pesantren
sebagai mikrososial (2) Pendidik dan peserta didik, (3) Materi (4), Metode (5)
tujuan.
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Lala Olivia - Personal Name
|
Student ID | |
Dosen Pembimbing |
Ahmadi, m.th.i.,M.AG - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Dr. Ach. Nurholis Majid, S.Sos.I., M.Pd - - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi |
Published
|
Departement |
PRODI PAI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Perpustakaan UNIA Prenduan : UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
SKR.PAI 2024
|
Copyright |
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
|
Doi |