Konsep Pendidikan Rah}Matan Lil ‘A>Lami>N Perspektif Fethullah Gülen dan Relevansinya Dalam Pendidikan Pesantren

Detail Cantuman

Skripsi

Konsep Pendidikan Rah}Matan Lil ‘A>Lami>N Perspektif Fethullah Gülen dan Relevansinya Dalam Pendidikan Pesantren

XML JSON

ABSTRAK
Lala Olivia, 2023. :
Konsep Pendidikan Rah}Matan Lil ‘A>Lami>N
Perspektif Fethullah Gülen dan Relevansinya Dalam
Pendidikan Pesantren
Pembimbing :
Dr. Ach. Nurholis Majid, M,Pd.
Kata Kunci :
Fethullah Gülen, Pendidikan rah}matan lil ‘a>lami>n,
Pendidikan Pesantren
Konfilk sosial yang seringkali terjadi di Indonesia banyak disebabkan oleh isu
agama dan etnis. Pendidikan Islam dipercaya sebagai media untuk mengatasi
konflik sosial dengan kontribusi positif bagi masyarakat melalui penanaman nilainilai moral. Namun pada kenyataannya pendidikan Islam belum mampu
memberikan solusi yang signifikant terhadap konflik sosial yang sering terjadi di
Indonesia , alih-alih pendidikan dianggap solusi, beberapa lembaga pendidikan
menjadi laboratorium radikalisme yang berujung pada terorisme. Untuk mengatasi
hal mengatasi problematika tersebut, Fethullah Gulen dengan konsep pendidikan
rah}matan lil 'a>lami>n. menjadikan pendidikan sebagai alat untuk mewujudkan
perdamain dan kemajuan global serta mengekang ekrimisme. Untuk itu, penelitian
ini bertujuan menganalisis dan menemukan; (1). Konsep pendidikan rah}matan lil
'a>lami>n perspektif Fehullah Gulen (2). Relevansinya dalam pendidikan
pesantren.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif denga jenis studi Pustaka.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kartu data. Hasil data
di analisis dengan analisis data interaktif: (1). kondensasi data, (2) penyajian data,
dan (3) kesimpulan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan
Kategorisasi data.
Hasil penelitian ini menujukan adanya relevansi antara pendidikan
pesantren dan pendidikan rah}matan lil 'a>lami>n. Ditemukan konsep pendidikan
rah}matan lil 'a>lami>n terdiri dari beberapa komponen, antara lain (1) falsafah,
(2) dasar, (3) sistem (4) materi (5) tujuan. Sementara itu, yang ditemukan dari
relevansi pendidikan pesantren dan pendidikan rah}matan lil 'a>lami>n terletak
pada sistem pendidikan pesantren yang terdiri dari (1) Sistem pendidikan Pesantren
sebagai mikrososial (2) Pendidik dan peserta didik, (3) Materi (4), Metode (5)
tujuan.


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Lala Olivia - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Ahmadi, m.th.i.,M.AG - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
PRODI PAI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Perpustakaan UNIA Prenduan : UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
SKR.PAI 2024
Copyright
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail