UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALISME MENGAJAR DOSEN MELALUI MONITORING DAN EVALUASI PEMBELAJARAN PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IDIA PRENDUAN

Detail Cantuman

Skripsi

UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALISME MENGAJAR DOSEN MELALUI MONITORING DAN EVALUASI PEMBELAJARAN PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IDIA PRENDUAN

XML JSON

ABSTRAK
Irawan Wintang. 2023. Upaya peningkatan profesionalisme mengajar dosen melalui
monitoring dan evaluasi pembelajaran Prodi Pendidikan Agama
Islam IDIA Prenduan
Pembimbing : Ust. Ahmadi, S.Th.I., M.Ag.
Kata Kunci : Profesionalisme mengajar, monitoring dan evaluasi pembelajaran
Dosen dalam hal melakukan pekerjaan profesionalnya tentunya harus
memiliki sebuah kompetensi. Kompetensi ini diartikan sebagai seperangkat
pengetahuan, keterampilan serta kepribadian yang dibutuhkan untuk menjalankan
tugas professional. Sehubungan dengan hal tersebut, fenomena yang terjadi saat ini
adalah masih terdapat beberapa dosen yang belum melaksanakan sistem monitoring
dan evaluasi pembelajaran dengan efektif, seperti yang telah ditentukan oleh
masing-masing Prodi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian
kualitatif adalah penelitian yang bersifat non-statistik dan intersubjektif dalam
memahami fenomena (kejadian, keadaan) secara mendalam tentang subjek yang
diteliti dalam konteks yang alamiyah Dilihat dari jenis penelitiannya, penelitian ini
termasuk dalam penelitian lapangan (studi kasus), yaitu mempelajari secara intensif
tentang latar belakang keadaan sekarang, dan interaksi suatu sosial, individu,
kelompok dan masyarakat. Berdasarkan deskripsi di atas, maka penelitian ini
adalah penelitian lapangan yang mengharuskan peneliti untuk terjun langsung ke
lapangan untuk dapat menganalisis tentang yang sebenarnya terjadi dalam
lingkungan
Aadapun hasil dalam penelitian ini yaitu. Upaya peningkatan
profesionalisme dosen melalui monitoring. Dampak dari monitoring pembelajaran
yaitu untuk membantu meningkatkan kinerja dosen. Dan terutama untuk
memastikan proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran sedang berjalan dengan
baik sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Sementara evaluasi pembelajaran
sendiri bertujuan untuk memastikan kegiatan yang telah dilaksanakan dalam proses
pembelajaran apakah pelaksanaan sesuai dengan tujuan atau tidak. Kemudian,
hasilnya dapat dijadikan sebagai masukan untuk perencanaan program selanjutnya.
Dan dari hasil observasi serta wawancara bahwasannya yang terjadi di lapangan
beberapa dosen bukannya tidak menjalankan monitoring, hanya saja ada beberapa
dosen yang masih perlu diingatkan terkait standarisasi. Jika ada dosen yang tidak
masuk kelas maka akan mendapat teguran step by step, jadi tindakan tersebut akan
meningkatkan profesionalisme dosen dalam mengajar mahasiswa. Monitoring itu
sifatnya periodic, yaitu dilakukan pada minggu ke-3, ke-4 dan itu dilakukan secara
periodic seperti teknis pelaksanaannya mendata dosen-dosen yang sudah ada,
melakukan pertemuan yang telah disesuaikan antara rencana pembelajaran
semesternya dengan pertemuan-pertemuan yang telah disampaikan.


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Wintang Irawan - Personal Name
Student ID
20209603096
Dosen Pembimbing
Ahmadi, S.Th.I., M.Ag - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
NAJMI FAZA, M.PD.I - - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
PRODI Pendidikan Agama islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
SKR.2024
Copyright
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail