PENERAPAN METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEFASHIHAN MEMBACA AL-QURAN DI MI MIFTAHUL ULUM DESA PAGENDINGAN KEC. GALIS KAB. PAMEKASAN TAHUN 2023

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEFASHIHAN MEMBACA AL-QURAN DI MI MIFTAHUL ULUM DESA PAGENDINGAN KEC. GALIS KAB. PAMEKASAN TAHUN 2023

XML JSON

ABSTRAK
Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Sorogan dalam
Menngkatkan Kefashihan Membaca Al-Quran di MI Miftahul Ulum
Desa Pagendingan Kec. Galis Kab. Pamekasan.”
Pembimbing : Ustadzah Fayruzah El Faradis, S.Kom.I., M.Pd.I
Kata Kunci : Penerapan Metode Sorogan, Meningkatkan Kefashihan,
Membaca Al-Quran
Al-Qur‘an adalah kitab suci yang diturunkan Allah SWT kepada
nabi Muhammad SAW dalam lafadz Arab sebagai salah satu rahmat yang
tiada taranya bagi alam semesta. Didalamnya terkumpul wahyu ilahi yang
menjadi petunjuk, pedoman dan pelajaran bagi siapa yang mempercayai
dan mengamalkannya. Membacanya bernilai ibadah dan mengamalkannya
yang merupakan kewajiban yang diperintahkan oleh Agama. Seorang
muslim harus mampu membaca ayat-ayat yang baik dan benar, maka dari
itu perlu adanya metode sorogan supaya guru bisa mengetahu kefashihan
dan kelancaran siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mendiskripsikan Penerapan
Metode Sorogan dalam Menngkatkan Kefashihan Membaca Al-Quran di
MI Miftahul Ulum Desa Pagendingan Kec. Galis Kab. Pamekasan.2)
untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat metode
sorogan dalam meningkatkan kefashihan membaca Al-Quran di MI
Miftahul Uulm Desa Pagendingan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan
tekhnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan
Dokumentasi. Analisa data dengan menggunakan reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti
menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan Metode di MI
Miftahul Ulum Desa Pagendingan a) Siswa/i sorogan satu persatu dan
membaca Al-Quran dihadapan guru sambil ditanyakan materi tajwid
b)Guru menyimak ketika sorogan berlangsung. c) Ketelatenan guru
pada siswa d)Semua siswa mempunyai kartu hafalan dan kartu
sorogan. 2) faktor penghambat pada penerapan sorogan dalam
meningkatkan kefashihan membaca Al-Quran, antara lain: a) Siswa
lalai dalam membaca Al-Quran tanpa dipraktekkanb)Kurang
dukungan dari orang tua c)Banyaknya siswa ketika sorogan satu
persatu dan waktu terbatas


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
FARIDATUL JANNAH - Personal Name
Student ID
20209603025
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
PRODI Pendidikan Agama islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Perpustakaan UNIA Prenduan : Sumenep.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
SKR.2024
Copyright
UNIVERSITAS AL-AMIEN PRENDUAN
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail